Golkar Gunakan Big Data Untuk Pemilu 2019

Politik057 views

Inionline.Id – Pemilu legislatif 2019,  Perhelatan pemilu legislatif (Pileg) 2019 yang menyisakan waktu empat bulan lagi. Tak hanya membutuhkan pola pemenangan konvensional, tapi juga modern. Salah satunya dilakukan Partai Golkar.

Partai Golkar akan menggunakan strategi pemenangan Big Data pada pemilu 2019. Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Sjarif Tjitjip Soetardjo (Cicip) mengatakan, pemanfaatan Big Data merupakan cita-cita dan harapan lama yang kini baru diwujudkan.

“Mengapa Golkar Menyiapkan diri dengan Big Data, karena semua data yang terbuka ataupun tertutup diolah sebagai analisis dan strategi untuk mengarahkan pemenangan pemilu yang digelar bersamaan. Kondisi faktual Caleg Golkar dari unsur incumbent maupun new comer perlu dibantu dengan tools, yang akan membantu kerja Caleg dan Tim Pemenangannya” ujar Cicip.

Big Data dapat menyasar target pemilih dengan micro targetting akan memudahkan calon anggota legislatif (caleg) bekerja di lapangan.

Cicip mengatakan, dengan Big Data akan menghadirkan kekuatan pemetaan pemilih, penentuan matematika politik, sebaran wilayah garapan, hingga penentuan pola pemenangan yang cermat, agar peluang kemenangan Partai Golkar Besar dan memudahkan Calegnya lolos ke Senayan.

Dengan Big Data Analytic yang disertai dengan system web based (ICT), mobile apps, disertai teknik statistik dalam membaca dan mendesain peluang kontestasi dan pemenangan Legislatif 2019, akan membantu Caleg Golkar bertarung dengan gembira, bukan saling menghabisi.

Menurut Cicip, strategi kampanye dan pola pemenangan yang ideal, adalah mengkombinasikan antara kemampuan membaca data, mengolah, menganalisa perolehan suara Pileg dan sebaran wilayahnya.

“Lalu digabungkan dengan pembentukan tim ahli strategi dan relawan pemenangan yang menguasai jaringan dan teritorial,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *