Perangi Sakit Jantung, Teguh Rihananto Gelar Senam Jantung Sehat

Bogor, Inionline.Id – Angka kematian akibat penyakit tidak menular ternyata cukup tinggi di Kota Bogor, salah satunya adalah serangan jantung yang bisa tiba-tiba menyerang siapapun tanpa mengenal status ataupun usia. Hal inilah yang menggerakan anggota DPRD kota Bogor, Teguh Rihananto untuk menggelar senam jantung sehat pada jumat (30/11). Berlokasi di Kantor Kecamatan Bogor barat, sekitar 100 orang dari berbagai kelurahan di Bogor barat tampak antusias mengikuti senam jantung sehat yang berjalan cukup semarak. Teguh yang juga Ketua Badan Pelaksana Klub Jantung Kota Bogor ini mengingatkan kepada masyarakat bahwa penyakit jantung masih menjadi sillent killer nomor satu yang bisa mengintai siapa saja. “Pola hidup juga menentukan bagaimana seseorang memelihara kesehatan jantungnya” ujar Teguh. Selain itu Teguh juga menyampaikan dalam rangka menjaga kesehatan jantung masyarakat Kota Bogor pada tanggal 15 Desember nanti akan digelar senam jantung masal yang akan melibatkan puluhan ribu orang. “Kita lihat nanti, kalau dibuka sekarang jadinya tidak surprise dong bagaimana senamnya itu” ujar Teguh kepada awak media.
Kegiatan senam jantung pagi itu mengundang komentar dari masyarakat yang menjadi peserta salah satunya adalah Ismayanti warga kelurahan Curug, menurutnya kegiatan ini bagus sekali karena selain menjaga kesehatan jantung warga Bogor barat dari sisi yang lainnya membuat pikiran jadi tidak stress. “masing-masing kelurahan di Bogor barat mengirim 10 orang untuk mengikuti kegiatan ini saya rasa ini bagus sekali dan juga bikin warga semangat” ujar Ismayanti, selain itu dirinya berharap agar kecamatan menginstruksikan lurah-lurah di Kecamatan Bogor barat agar bisa rutin mengadakan event seperti ini.
Menanggapi curhatan masyarakatnya, Pupung W Purnama selaku Camat Bogor barat tampak serius dan mengingatkan kepada para peserta yang hadir tentang bahaya penyakit jantung. “saya sangat menyambut baik kegiatan ini bersama pak Teguh, kedepannya minimal sebulan sekali kami akan adakan kegiatan serupa yang akan bekerjasama dengan yayasan jantung Indonesia dalam hal pengadaan pelatih senamnya” ujar Pupung. Selain itu Pupung juga menambahkan bahwa program ini juga merupakan bagian meningkatkan kesejahteraan pegawai dibidang kesehatan jasmani.
Pada gelaran acara senam jantung sehat di Kecamatan Bogor barat ini selain Yayasan Jantung Indonesia (YJI) terlibat pula Dinas Kesehatan Kota Bogor yang menunjuk 5 puskesmas di wilayah Kecamatan Bogor barat yaitu, puskesmas Sindang Barang, puskesmas Semplak, puskesmas Pancasan, puskesmas Gang Kelor, dan puskesmas Pasir Mulya. Peran puskesmas dalam acara ini adalah mengadakan konseling dan pemeriksaan kesehatan gratis untuk para peserta senam jantung sehat. Eva Mustikawati selaku Koordinator pemeriksaan kesehatan bahwa kegiatan ini tidak ada pengobatan gratis. “setelah pemeriksaan kesehatan dan konsultasi dengan dokter maka hasil diagnosisnya para pasien akan dipersilahkan untuk berobat diwilayahnya masing-masing” ujar Eva. (Jc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *