Menuju Reuni 212, Dinas LH Imbau Tertib Buang Sampah Hingga Upaya Polisi Merekayasa Lalu Lintas

Headline, Nasional457 views

Inionline.id – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta Isnawa Adji mengimbau massa reuni 212 pada Minggu (2/12) bisa mengulangi sikap tertib membuang dan mengumpulkan sampah seperti saat aksi 212 digelar 2 tahun lalu. Ketertiban membuang sampah akan memudahkan tugas pasukan oranye Dinas LH dan petugas penanganan prasarana dan sarana umum (PPSU).

“Dinas LH mengharapkan agar reuni 212 bisa mengulang suasana tertib dan nyaman, termasuk kedisiplinan massa yang terorganisir dalam mengumpulkan sampah dalam karung-karung,” ujar Isnawa melalui keterangan tertulis, Jumat (30/11).

Selain itu, dia juga mengimbau para pedagang untuk menyediakan tempat sampah sendiri. “Saya juga mengimbau pedagang-pedagang untuk menyediakan wadah sampah di sekitarnya, termasuk sampah boks makanan, botol minuman, tidak berserakan di sekitar parkir kendaraan,” kata dia.

Ilustrasi rekayasa lalu lintas (merdeka.com)

Dinas LH juga menyiapkan sarana dan prasarana, antara lain 10 truk sampah anorganik, 10 mobil penyapu jalan (road sweeper), 10 kijang lintas, serta 300 sapu lidi dan pengki. Ada pula 10.000 kantong plastik dan 6 bus toilet yang disiapkan.

Sementara itu Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyiapkan sejumlah rute rekayasa arus lalu lintas saat Reuni Alumni 212 digelar di Monas.

Kasubdit Penegakan Hukum dan Pembinaan Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto mengatakan pengamanan arus lalu lintas akan dilakukan sejak pukul 02.00 WIB. Hal tersebut mengingat acara reuni akan dilakukan pada pukul 03.00 WIB.

“Seluruh jajaran (polisi lalu lintas) akan melaksanakan pengaturan, pengawalan, rekayasa arus lalu lintas dan pengalokasian parkir dalam kegiatan tersebut,” ujarnya dilansir CNN Indonesia, Kamis (29/11).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *