KETUA LPTQ RUMPIN : MTQ SARANA MEMPERKUAT SILATURAHMI DAN KEBERSAMAAN

BOGOR, inionline.id – Puluhan santri dari berbagai Pondok Pesantren (Ponpes) ikut terlibat pembukaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ), tingkat Kecamatan Rumpin tahun 2018, yang diawali dengan pawai ta’aruf di jalan raya Prada Samlawi, Desa Rumpin, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Rabu (19/11).

Giat pembukaan berlangsung sejak pukul 09, 00 WIB, dipimpin Ketua Lembaga Pengembangan Tiwah Qur’an (LPTQ) Kecamatan Rumpin Indra Kurnia. Menurut Ketua Panitia Kegiatan Yaya Sulaeman, giat pembukaan MTQ melibatkan ratusan pelajar, santri, masyarakat, Kepala Desa se Kecamatan Rumpin, KUA, MWCNU, Barisan Serbaguna (Banser Ansor) dan Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) PAC Rumpin.

Yaya mengatakan, tahun ini antusiasme masyarakat Rumpin sangat baik tentang kegiatan tersebut. “Selain ada peningkatan jumlah peserta MTQ, tahun ini masyarakat yang mengikuti pembukaan pawai ta’aruf juga lebih banyak.” Jelas Yaya.

Sementara Ketua LPTQ Rumpin yang juga menjabat Sekcam Rumpin Indra Kurnia mengatakan, kegiatan MTQ bertujuan membangun kesadaran akan kewajiban membaca Al Qur’an sekaligus semangat kebersamaan serta kekeluargaan dan mewujudkan masyarakat Rumpin regius dan cinta NKRI.

Indra menambahkan, kegiatan berlangsung berkat kerjasama dengan KUA, MUI, dan MWCNU serta pondok – pondok pesantren. Menurutnya, Panpel kegiatan juga menambahkan cabang-cabang perlombaan serta menggabungkan kegiatan dengan festival sholawat dan festival marawis.

“Kami ingin dengan adanya kegiatan keagamaan seperti ini, budaya membaca Al Qur’an kembali hidup di wilayah Kecamatan Rumpin serta mebangkitakan kembali semangat dan girrah masyarakat dan kecintaannya terhadap Alqur’an,” harap Sekcam Rumpin.

Kurnia Indra menuturkan, kalau Al Qur’an menjadi pedoman di kehidupan masyarakat serta mampu meresapinya dalam hati dan di amalkan maka akan mampu mengurangi perbuatan yang negatif. (MUL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *