Indonesia dan Thailand Memperbarui Persahabatan dan Komitmen Antar Kedua Negara

Yogyakarta: IniOnline.id – Indonesia dan Thailand memperbarui persahabatan dan komitmen antar kedua negara pada hari ini (5/7) dalam pertemuan Senior Officials Meeting (SOM) Pertemuan Sidang Komisi Bersama ke-9 (9th Joint Commission Meeting (JCM)) di Yogyakarta yang dipimpin oleh H.E. Desra Percaya, Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika-Kementerian Luar Negeri Indonesia dan H.E. Mr. Damrong Kraikruan, Deputy Permanent Secretary – Kementerian Luar Negeri Thailand.

Pertemuan tersebut mengawali diselenggarakannya Pertemuan Tingkat Menteri JCM ke-9 antara Menteri Luar Negeri Indonesia, H.E. Retno L.P. Marsudi dan H.E. Don Pramudwinai, Menteri Luar Negeri Thailand pada 6 Juli 2018.

Kedua Pemimpin SOM berbagi pandangan yang sama tentang pentingnya pertemuan JCM ke-9 setelah 5 tahun berlalu sejak pertemuan JCM ke-8 diadakan di Bangkok pada tahun 2013.

JCM adalah ajang pertemuan strategis bagi kedua negara untuk meninjau dan memperbarui komitmen guna meningkatkan dan memperkuat persahabatan bilateral Indonesia-Thailand sekaligus membawa manfaat nyata bagi masyarakat di kedua negara.

Kedua pemimpin juga menyatakan kepuasan atas kemajuan dan perkembangan hubungan bilateral Indonesia-Thailand. Kedua negara memiliki banyak potensi dan peluang untuk memperkuat hubungan dan kerjasama di berbagai sektor terutama dalam bidang politik dan keamanan, ekonomi, kerja sama hukum dan kekonsuleran, dan sosial budaya.

Indonesia senantiasa berpandangan bahwa Thailand adalah mitra dekat dalam menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan dan tingkat global.

Pada akhir pertemuan JCM, kedua delegasi dijadwalkan untuk mengunjungi Candi Borobudur, sebuah Warisan Dunia UNESCO dengan sejarah dan warisan yang tidak hanya dibanggakan dan dinikmati oleh masyarakat Indonesia tetapi juga dekat secara budaya dengan masyarakat Thailand. (kemlu/na)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *