Forum Konsultasi Bilateral (FKB) ke-5 RI – Georgia Digelar di Tbilisi

Tbilisi, 22 Mei 2018: IniOnline.id – Forum Konsultasi Bilateral (FKB) ke-5 RI – Georgia digelar di Tbilisi, Georgia (22/5). Dari Indonesia, Delegasi dipimpin oleh Direktur Jenderal Amerika dan Eropa, Muhammad Anshor. Hadir juga Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Georgia, Prof.DR.Yuddy Chrisnandi, ME didampingi pejabat Fungsi Politik KBRI Kyiv Yusran Hadromi. Sementara dari Georgia hadir Wakil Menteri Luar Negeri Giorgi Sharvashidze.

Pada FKB, delegasi Georgia menyampaikan dukungan resmi lisan dan tertulis atas pencalonan Indonesia pada keanggotaan tidak tetap DK PBB periode 2019 – 2020. FKB ke-5 ini merupakan tindaklanjut FKB ke-4 di Jakarta, 5 Mei 2017. Pada FKB ke-5 ini kedua negara membahas beberapa hal yang menjadi titik perhatian dalam hubungan bilateral. Salah satunya peningkatan hubungan interaksi dalam penerapan good governance di pemerintah. Selain itu, peningkatan hubungan antar parlemen, sosial budaya dan perdagangan yang selama ini telah terjalin dengan baik.

Ketua Delegasi RI Muhammad Anshor mengatakan dalam kesempatan itu Indonesia juga menyampaikan harapan adanya fasilitas pembebasan visa dari pemerintah Georgia bagi pemegang passport biasa Indonesia sebagai asa timbal balik pemberian bebas visa Indonesia kepada pemegang paspor Georgia.

FKB tersebut bertepatan dengan 25 tahun hubungan bilateral RI – Georgia membahas berbagai bidang. Salah satunya adalah langkah kongkret ke depan untuk pembentukan Sidang Komisi Bersama (SKB) RI – Georgia. Selain itu, usulan perdagangan bebas (PTA/FTA) dan rencana kunjungan Menlu Georgia ke Indonesia dalam rangka partisipasi pada Our Ocean Conference tahun 2018 dan pertemuan bilateral dengan Menlu RI Retno L.P. Marsudi. (kemlu/na)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *