Indonesia dan Uni Eropa Tingkatkan Kerjasama Pertahanan Antar Universitas Bidang Pendidikan dan Latihan

Bogor–inionline.id–Dekan Fakultas Manajemen Pertahanan (FMP) Universitas Pertahanan (Unhan) Laksda TNI DR. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., D.E.S.D. menyampaikan rencana kerjasama pertahanan Indonesia dan Uni Eropa antar universitas bidang pendidikan dan latihan.

Paparan tersebut disampaikan pada European Union Defense Attaches Meeting pada 13 September 2017 yang dihadiri Wakil Duta Besar Uni Eropa, Charles Michel Geurtz, dan 15 Atase Pertahanan dari negara-negara anggota Uni Eropa.

Paparan berjudul “International Cooperation in the Area of Defense Education and Training: Indonesia Perspective” banyak membahas peluang peningkatan kerjasama antara Unhan dengan seluruh negara anggota Uni Eropa dalam kerangka ASEAN Political-Security Community dan pencapaian akreditasi internasional Unhan sebagai World Class Defense University tahun 2024.

Pertemuan membahas kerjasama pertahanan ke depan tersebut juga dimaksudkan sebagai bentuk tindak lanjut kunjungan Presiden Joko Widodo di Brussels pada 21 April 2016. Beberapa rencana kerjasama juga selaras dengan hasil pertemuan pertama Joint Committee dalam kerangka Partnership and Cooperation Agreement (PCA) antara Indonesia dan Uni Eropa yang juga diselenggarakan di Brussels pada 28 – 29 November 2016.

Menurut Laksda TNI Amarulla Octavian, kerjasama internasional dalam rangka pendidikan dan latihan lebih diarahkan untuk meningkatkan profesionalitas prajurit TNI sekaligus membangun Confidence Building Measures (CBM).

Untuk meningkatkan mutu pendidikan, lanjut Octavian, fokusnya adalah mencapai tingkat kesetaraan ilmu pertahanan melalui pertukaran dosen dan mahasiswa, penelitian bersama, penyelenggaraan bersama seminar-seminar internasional, dan publikasi ilmiah.

“Sedangkan untuk meningkatkan pelatihan fokusnya adalah standarisasi kompetensi dan kapasitas militer melalui penetapan parameter kompetensi bintara-tamtama, kapasitas perwira, efektifitas operasi militer, efisiensi latihan militer dan dukungan logistik,” kata Octavia. (Mrz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *