Pelaksaan Pilkada 2020 Diharapkan Tanpa Mengabaikan Kesehatan

Politik057 views

Inionline.id – Jadwal Pilkada 2020 diminta tetap dilaksanakan sesuai aturan yang telah disahkan yakni 9 Desember 2020. KPU menggelar simulasi model penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2020 di tengah pandemi Covid-19 pada Juli mendatang.

Ketua DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Rusdi Ali Hanafia mengatakan, pelaksanaan Pilkada 2020 di tengah pandemi Covid-19 harus mengedepankan protokol kesehatan.

“Dalam menjaga keseimbangan demokrasi maka diperlukan adanya pergantian kepemimpnan baik dari daerah sampai ke pusat. Dan juga harus mengedepankan protokol kesehatan,” ujar Rusdi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Salasa (16/6).

Menurut Rusdi, keseimbangan demokrasi berjalan dengan baik, maka dengan sendirinya sendi-sendi kehidupan, baik ekonomi, kesehatan, hukum, pendidikan, sosial budaya lainya juga ikut bergerak dan seimbang.

“Kita harus mampu memberikan solusi dalam menyongsong Pilkada Serentak di dalam kondisi pandemi Coronavirus, bukan malah menyerah pada keadaan,” kata Rusdi.

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) membuka pendaftaran calon kepala daerah yang akan berlaga di 270 wilayah dalam Pilkada Serentak 2020 dibuka pada 4-6 September mendatang. Masa kampanye mulai 26 September dan pemungutan suara pada 9 Desember.