globalnin

bluehost india coupon code

godaddy india coupon

pizzahut offers

Kenali Lima Jenis Fobia Baru

Inionline.id – Setiap orang pasti memiliki satu atau lebih ketakutan (fobia) dari waktu ke waktu. Fobia merupakan jenis gangguan kecemasan yang didefinisikan sebagai ketakutan ekstrem atau tidak rasional atau keengganan terhadap sesuatu. Ketakutan irasional ini dapat mengganggu hubungan pribadi, pekerjaan, dan sekolah, dan membuat seseorang tidak bisa menikmati hidup.

Selama ini dikenal jenis fobia populer seperti fobia naik pesawat karena turbulensi, fobia jika sendiri di kegelapan atau berbicara di depan umum. Namun seiring perubahan gaya hidup, manusia mengalami beberapa ketakutan dan kecemasan baru.

Berikut lima jenis fobia baru seperti dilansir Times of India, Jumat (10/1).

Eco-anxiety

Ketika sejumlah orang membaca dan mendalami terkait perubahan iklim dan dampaknya, akibatnya kini banyak ditemukan orang yang memiliki fobia akan konsekuensi perubahan iklim (eco-anxiety). Fobia jenis ini lebih banyak ditemukan pada generasi muda.

Untuk gejala, mereka bisa mengalami serangan panik dengan pemikiran tentang pemanasan global yang mengosongkan sumber daya alam kita.

Nomophobia

Ini adalah sindrom ketakutan jika tidak memiliki telepon pintar. Di era digital seperti sekarang, fobia ini banyak ditemukan diberbagai belahan dunia.

Mereka yang mengalami fobia ini seringkali merasa tidak nyaman atau terganggu jika lupa membawa telepon di rumag. Penderita juga cenderung akan panik berlebih, berkeringat, hanya karena memikirkan semua panggilan dan pesan yang tidak terjawab.

Food Neophobia

Fobia ini merupakan rasa takut untuk mencoba makanan yang baru dilihat. Umumnya fobia ini terjadi pada anak-anak. Anak dengan fobia ini biasanya akan menolak makanan baru yang disodorkan kepadanya.

Fobia karbohidrat

Kian meningkatngmya tren diet dan tekanan sosial akan bentuk tubuh, dewasa ini ditemukan sejumlah orang yang fobia yang kuar akan makanan mengandung karbohidrat.

Fobia medsos

Secara psikologis, editiovultaphobia atau fobia media sosial adalah rasa takut dihakimi, dikomentari negatif dan lainnya oleh teman atau orang asing.

Check Also

Alasan tak Boleh Minum Teh Hijau Sebelum Tidur

Inionline.id – Teh hijau adalah salah satu minuman sehat yang disukai oleh banyak orang yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *