KPK Lakukan 28 Kali OTT Selama 2018, Terbanyak Sepanjang Sejarah KPK

Inionline.Id – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melakukan 28 kali operasi tangkap tangan (OTT) hingga pertengahan bulan Desember 2018. Menurut Wakil Ketua KPK Saut Situmorang, jumlah tersebut merupakan OTT terbanyak sepanjang KPK berdiri dari tahun 2002.

“28 Jumlah kasus tangkap tangan di tahun 2018 ini telah melampaui tahun sebelumnya, dan merupakan terbanyak sepanjang sejarah KPK berdiri” ujar Saut dalam paparan kinerja akhir tahun KPK di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (19/12).

Dia menjelaskan ada 28 kasus OTT sepanjang tahun 2018. Jumlah itu belum dihitung dari OTT terakhir di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) pada Selasa 18 Desember malam.

“Dari 28 kasus tersebut, KPK telah menetapkan 108 orang sebagai tersangka dengan beragam profil tersangka, mulai dari anggota legislatif, aparat penegak hukum hingga kepala daerah,” kata Saut.

Saut mengatakan, meskipun terkadang tim hanya menyita sejumlah kecil uang suap, Namun saat dilakukan pengembangan tidak sedikit para pihak yang terjerat tangkap tangan kemudian dapat dimintai pertanggung jawaban.

“Dari OTT tidak jarang menjadi pintu masuk untuk menjerat dugaan tindak pidana penerimaan gratifikasi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU),” ujar Saut.

Diketahui, dalam penindakan tangkap tangan setidaknya telah menjerat beberapa tersangka seperti Bupati nonaktif Kebumen Mohammad Yahya Fuad, Gubernur nonaktif Jambi Zumi Zola, Gubernur nonaktif Aceh Irwandi Yusuf, Bupati nonaktif Labuhan Batu Pahonal Harahap, Bupati nonaktif Lampung Selatan Zainuddin Hasan, dan Bupati nonaktif Hulu Sungai Tengah Abdul Latief.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *