Kereta Cepat Tergelincir Keluar Rel di Taiwan, Belasan Tewas Ratusan Luka-Luka

Inionline.id – Kereta penumpang dilaporkan tergelincir di Kabupaten Yilan, Taiwan pada Minggu 21 Oktober 2018 sore waktu setempat. Badan Perkeretaapian Taiwan mengkonfirmasi setidaknya 18 orang menjadi korban tewas dan 171 orang lainnya luka-luka, sepuluh di antaranya luka serius. Sebelumnya jumlah korban meninggal dunia dilaporkan mencapai 22 orang tetapi data itu kemudian direvisi menjadi 18 orang.

Setidaknya lima dari delapan gerbong kereta cepat Puyuma Express 6432 tersebut terbalik dalam peristiwa pada Minggu sore waktu setempat (21/10). Kantor berita Taiwan melaporkan puluhan orang diperkirakan masih terperangkap di bawah kereta. Kejadian ini merupakan kecelakaan kereta paling buruk di negara itu sejak lebih dari 20 tahun terakhir.

Sebelumnya pada 2003, rangkaian kereta api di lintasan Gunung Alishan keluar rel dan terjun ke ngarai di sisi gunung. Menyebabkan 17 orang tewas dan 156 luka-luka.

Kereta berkecepatan tinggi Puyuma Express 6432 yang kecelakaan itu tengah melakukan perjalanan antara Taipei dan daerah pesisir timur Taitung, Sepur tersebut dilaporkan keluar dari rel yang berada dekat dengan Stasiun Xinma, dekat Kota Su’ao, sekitar 70 km (43 mil) dari Taipei.

Sejauh ini belum diketahui pasti apa yang menyebabkan kereta itu tergelincir, tetapi para saksi mengatakan kepada media setempat bahwa mereka mendengar suara dentuman keras kemudian melihat percikan api serta asap. Kementerian Pertahanan telah mengirim 120 tentara ke lokasi kecelakaan untuk membantu upaya penyelamatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *