Timpa Ambulans Longsor di Jalan Makale-Rantepao Tana Toraja

Antar Daerah957 views

Inionline.id – Jalan penghubung antara Kabupaten Tana Toraja dengan Toraja Utara, Sulawesi Selatan, terputus karena tertimbun tanah longsor. Satu ambulans tertimpa material longsor saat melewati di jalan tersebut.

“Akses jalan Makale-Rantepao terputus total, ada satu unit ambulans melintas langsung tertimpa material longsor dan pohon tumbang. Rumah warga juga terdampak material longsor,” kata Kepala BPBD Sulsel, Amson Pandolo, Rabu (10/4).

Longsor terjadi setelah hujan deras mengguyur Tana Toraja beberapa hari terakhir. Akibatnya kondisi tanah tidak stabil sehingga memicu longsor dan pohon tumbang.

“Kondisi tanah yang tidak stabil menyebabkan terjadinya longsor yang disertai dengan pohon tumbang yang mengakibatkan jalan poros Makale-Rantepao tertutup material longsor dan juga pohon tumbang,” ungkapnya.

Saat ini, kata Amson, tim BPBD tengah melakukan asesmen dan berkoordinasi dengan aparat setempat dalam penanganan longsor serta membuka akses jalan.

“Anggota di lapangan masih mengalami kendala, karena hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih berlangsung,” jelasnya.

Meski demikian, akibat longsor tersebut, kata Amson, pihaknya belum mendapatkan laporan terkait korban jiwa.

“Korban jiwa belum ada laporan sampai saat ini. Namun, kerugian material akibat longsor ditaksir mencapai miliaran rupiah,” ujarnya.