Selama Arus Mudik dan Balik Tol Solo-Yogyakarta Dibuka Fungsional

Antar Daerah1057 views

Inionline.id – Selama sebelas hari mulai 5-15 April 2024 tol Solo-Yogyakarta bakal dibuka sementara. Jalur bebas hambatan tersebut berstatus tol fungsional untuk menyambut arus mudik dan balik Lebaran.

Pemimpin Proyek PT Jasa Marga Jogja Solo (JMJ) Ahdal Masruhin mengatakan tol akan diberlakukan satu arah selama arus mudik dan balik Lebaran. Tol Solo-Yogya bisa dilalui pemudik dari arah Jakarta menuju Yogya pada 5-11 April.

“Lalu mulai tanggal 12-15 April kita buka dari arah Yogyakarta menuju Jakarta,” kata Ahdal melalui telepon, Rabu (3/4).

Tol Solo-Yogyakarta sebenarnya sudah difungsikan pada masa libur Natal dan Tahun Baru lalu. Waktu itu panjang tol yang sudah bisa dilalui baru mencapai 13 Km.

“Sekarang total jalan yang dibuka sudah 22 Km,” katanya.

Hampir sepanjang jalan tol sudah menggunakan beton rigid. Hanya saja akan perbedaan ketinggian di beberapa titik yang masih menggunakan lean concrete (LC).

“Dari km 0 sampai 13 itu sudah rigid semua. Dari km 13 sampai 22 juga sudah rigid, tapi ada sebagian yang masih LC,” katanya.

Ahdal mewanti-wanti agar pemudik tetap berhati-hati saat melintasi Tol Solo-Yogyakarta. Kecepatan maksimal pun dibatasi hanya 40 Km/jam sepanjang tol fungsional tersebut.

“Semua tetap harus hati-hati. Batas kecepatan kita kan cuma 40 Km/jam. Ini kan fungsional, jangan disamakan dengan yang sudah operasional,” katanya.

Selain itu, tol Solo-Yogyakarta juga hanya dibuka dari pagi hingga sore hari. Pemudik bisa melewati jalan tersebut mulai pukul 06.00-17.00 WIB. Ahdal menjelaskan pembatasan tersebut diberlakukan karena jalan tol Solo-Yogyakarta belum dilengkapi dengan lampu penerangan.

“Karena memang penerangannya belum siap,” katanya.