Kita Bikin Romantis Viral di Medsos, Maliq & D’Essentials Buka Suara

Inionline.id – Maliq & D’Essentials merespons lagu terbaru mereka, Kita Bikin Romantis, viral di media sosial. Potongan lagu tersebut bahkan sudah viral di medsos beberapa hari sebelum resmi dirilis pada 8 Maret.

Warner Music Indonesia mencatat potongan lagu itu sedikitnya sudah dipakai lebih dari 2,2 juta video di TikTok. Saking viralnya, ada juga netizen yang mengaku lelah mendengar lagu tersebut.

Di sisi lain, ada pula yang warganet yang membuat versi parodi dengan mengubah lirik tersebut, seperti untuk video lucu terkait binatang.

Para anggota Maliq & D’Essentials mengaku terkejut ketika lagu Kita Bikin Romantis booming di medsos. Menurut mereka, lagu tersebut tak dirancang untuk viral sehingga situasi itu di luar ekspektasi.

“Kami enggak pernah design untuk viral. Kami merencanakan bikin lagu yang bagus dan enak buat kami. Ternyata banyak yang setuju dan kami senang kejujuran itu sampai ke orang,” kata Arya Aditya Ramadhya alias Lale dalam keterangan resmi.

“Memang enggak di-design, ini memang unpredictable saja. Bikin lagunya juga enggak ada yang dikejar. Album (baru) ini kan vibesnya begitu ya, suasana enak kami kerjakan aja. Rasanya senang (viral) tapi juga takut,” tutur Ilman.

Situasi tersebut, diakui Widi, membuatnya hingga kini masih menanyakan hal-hal yang bisa membuat Kita Bikin Romantis seviral itu.

“Impact-nya jauh di bayangan gue bahwa ini akan menyentuh banyak orang. Gue masih omongin ini sama anak-anak, apa sebenarnya yang buat ini personal di banyak orang? Apakah melodi enak banget? Apakah liriknya kena banget?” ucap Widi.

“Soalnya yang gue lakukan saat nulis lagu itu sama aja dengan yang gue lakukan 20 tahun lalu,” pengakuannya.

Imbas viral, kritikan dari pendengar pun mengikuti. beberapa dari mereka meminta Angga, Widi, Indah, Jawa, Lale, dan Ilman bisa kembali menciptakan lagu dengan vibes lama lagu-lagu sebelum Kita Bikin Romantis.

Jawa mengungkapkan kritik hal biasa karena persepsi masing-masing orang terhadap sesuatu. Banyaknya pro dan kontra juga diyakini menjadi tolok ukur keberhasilan sebuah karya.

“Harus gue syukurin karena once kita melahirkan karya dan karyanya berbuah pro dan kontrak itu karyanya berhasil menurut gue,” tutur Jawa.

“Pro dan kontra itu kita enggak bisa mengatur persepsi orang-orang, satu-satunya yang bisa kendaliin diri lo, persepsi lo, dan karya lo.”

Kita Bikin Romantis merupakan lagu yang dirilis pada awal Maret 2024. Lagu itu sudah didengar lebih dari 9,4 juta kali di Spotify.