Gantikan Reza Rahadian, Ario Bayu Jadi Ketua Komite FFI 2024-2026

Inionline.id – Aktor Ario Bayu resmi ditunjuk menjadi Ketua Komite Festival Film Indonesia (FFI) periode 2024-2026. Ia menggantikan Reza Rahadian yang menjabat posisi itu pada periode sebelumnya.

Kabar itu diumumkan Badan Perfilman Indonesia (BPI) melalui unggahan media sosial. Selain Ario Bayu, BPI juga mengumumkan bahwa Prilly Latuconsina resmi menjabat Ketua Pelaksana Festival Film Indonesia 2024.

“Penyerahan estafet pelaksanaan Festival Film Indonesia kepada Ketua Komite FFI @bayu_ario dan Ketua Pelaksana FFI @prillylatuconsina96 oleh @paggaru, Ketua Umum Badan Perfilman Indonesia,” tulis akun Instagram resmi BPI, Sabtu (30/3).

Ario Bayu ditunjuk tidak lama setelah masa bakti Reza Rahadian bersama Komite dan Tim Kerja FFI 2021-2023 resmi berakhir pada 27 Februari 2024.

Ia meneruskan jejak sejumlah aktor Indonesia yang pernah menjabat Ketua Komite FFI, yakni Reza Rahadian hingga Lukman Sardi.

Sementara itu, Prilly Latuconsina ditunjuk menjadi Ketua Pelaksana FFI periode baru dan menggantikan Arya Ibrahim. Prilly juga sempat membagikan pernyataan di media sosial setelah dipilih untuk mengemban tugas tersebut.

“Tidak menyangka akan mendapat tawaran posisi ini, menjadi suatu kebanggaan sekaligus amanah yang harus dipertanggungjawabkan,” ujar Prilly via Instagram, Sabtu (30/3).

“Terima kasih kepada mereka yang telah memberikan kepercayaannya kepada saya. Semoga kami tim FFI tahun 2024 mampu mengemban tugas dengan baik,” lanjutnya.

Komite FFI terbaru akan memulai masa bakti dengan menjadi penyelenggara Festival Film Indonesia 2024. Meski begitu, belum ada keterangan resmi mengenai rencana hingga jadwal penyelenggaraan tersebut.

Sementara itu, Festival Film Indonesia 2023 telah digelar di Ciputra Artpreneur Theatre, Jakarta Selatan, pada 14 November 2023.

Women from Rote Island membawa pulang piala terbanyak dengan empat penghargaan. Film itu juga berhasil memenangkan kategori utama Film Cerita Panjang Terbaik hingga kategori lain, seperti Sutradara Terbaik dan Penulis Skenario Asli Terbaik.

Reza Rahadian juga menang kategori Pemeran Utama Pria Terbaik, begitu pula dengan Sha Ine Febriyanti yang mendapat piala kategori Pemeran Utama Perempuan Terbaik.