Berikut ini 7 Olahraga Ringan untuk Menurunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Kesehatan757 views

Inionline.id – Kenaikan berat badan jadi keresahan tersendiri usai merayakan lebaran. Anda bisa melakukan olahraga ringan berikut ini yang bisa membantu menurunkan berat badan setelah lebaran.

Saat merayakan hari raya, terkadang kita sibuk dengan beragam aktivitas, dimulai dari memasak ragam makanan, berkunjung ke rumah saudara, momen mudik, dan lain-lain.

Padatnya aktivitas membuat banyak orang sering lupa dengan kesehatannya, terlebih banyak menyantap makanan tinggi kalori dan minim olahraga.

Hal ini tentu membuat banyak orang menyadari pertumbuhan berat badannya, sehingga membutuhkan olahraga ringan setelah lebaran demi menurunkan berat badan.

Meskipun ringan, olahraga atau melakukan aktivitas secara rutin dapat membantu mengatur berat badan dengan baik.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut adalah aktivitas atau olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah :

1. Berenang

Dilansir dari Siloam Hospitals, berenang dapat membantu menurunkan kalori dalam tubuh karena dilakukan dengan menggerakkan seluruh anggota tubuh. Olahraga ini juga aman untuk seluruh kalangan usia.

Gaya renang yang direkomendasikan untuk mengoptimalkan pembakaran kalori di dalam tubuh adalah gaya punggung, dada, dan kupu-kupu.

Lakukan olahraga renang dalam kurun waktu 20 – 40 menit, dan jangan lupa melakukan pemanasan selama 5 – 10 menit sebelum olahraga.

2. Lompat tali

Skiping merupakan olahraga yang dapat dilakukan dengan mudah karena bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Skiping dapat bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan, meningkatkan fungsi koordinasi dan keseimbangan tubuh, serta memperkuat tulang.

Lakukan olahraga ini secara rutin setiap dua sampai tiga hari dalam seminggu.

Namun perlu berhati-hati bagi penderita obesitas, penderita osteoarthritis dengan nyeri di lutut, penderita yang mengalami robek di meniskus, maupun penderita ACL (anterior cruciate ligament) injury karena melibatkan kekuatan lutut dikhawatirkan akan memperparah cedera.

3. Bersepeda

Bersepeda merupakan olahraga yang aman untuk semua kalangan usia dan direkomendasikan untuk membantu menguatkan otot dan tulang, juga meminimalkan risiko penyakit jantung.

Bersepeda sekitar 30 menit sehari dapat membantu membakar kalori sebanyak 210-294 kkal, sehingga dapat meminimalkan risiko obesitas.

4. Senam

Senam merupakan olahraga ringan yang membantu meningkatkan kecepatan dan kekuatan fisik apabila dilakukan secara teratur.

Olahraga ini juga dapat membantu membakar kalori di dalam tubuh, mudahnya bisa dilakukan dimana saja.

Selain itu, senam biasanya dilakukan dengan diiringi musik sehingga dapat meningkatkan produksi hormon bahagia dan mengurangi hormon stres.

5. Jalan Kaki

Meskipun terdengar sepele, membiasakan diri berjalan kaki selama kurang lebih 30 menit sehari dapat mengurangi kadar lemak di dalam tubuh, dan meningkatkan kekuatan otot.

Jika terasa berat, kamu bisa mencobanya dengan intensitas yang rendah menuju tinggi, seperti 10 menit sehari, 15 menit sehari, hingga 30 menit sehari.

6. Yoga

Yoga merupakan olahraga ringan yang dapat membantu menjaga kebugaran tubuh setelah olahraga.

Selain membuat tubuh menjadi lebih rileks, yoga dapat membantu meningkatkan keseimbangan tubuh, kekuatan, serta fleksibilitas otot.

7. Push-Up

Push-up dapat membantu meningkatkan kekuatan otot tubuh bagian atas. Selain mudah, push up juga tidak membutuhkan alat olahraga khusus dan bisa dilakukan dimana saja.

Jadi, daftar olahraga ringan setelah lebaran di atas dapat membantu kamu yang memiliki keresahan berat badan setelah lebaran.