Dedie Rachim Hadiri Halalbihalal di Tingkat Jabar

Antar Daerah757 views

Inionline.id – Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim menghadiri Halalbihalal Idul Fitri 1445 Hijriah tingkat Provinsi Jawa Barat di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (18/4/2024). Kali ini, kehadiran Dedie Rachim merupakan yang terakhir sebelum mengakhiri masa jabatannya.

Bersama kepala daerah lainnya, Dedie mengikuti Halalbihalal yang dipimpin langsung Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin. Juga dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan para tokoh di Jawa Barat.

Saat sambutannya, Pj Gubernur Jawa Barat menyampaikan bahwa Halalbihalal merupakan kearifan lokal yang harus sama-sama dijaga, termasuk bagi warga Jawa Barat yang sudah selayaknya bisa menjaga dan memperkuat nilai-nilai kearifan lokal tersebut.

“Seperti yang terkandung dalam peribahasa Sunda, yaitu silih asih, silih asah dan silih asuh.
Pesan itu harus kita maknai dan senantiasa menjadi landasan dalam setiap interaksi dan hubungan kita semua,” kata Bey.

Ia juga mengingatkan momen Halalbihalal ini merupakan ajang untuk mempererat tali persaudaraan dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya saling mendukung dan saling membantu satu sama lain.

“Dengan begitu kita akan mampu menghadapi segala tantangan dan rintangan dengan lebih tegar dan kokoh,” jelasnya.

Masih kata Bey, ada peribahasa Sunda lainnya yakni Tata Titi Duduga. Dimana kalimat itu mengajarkan pentingnya memiliki tata krama yang baik dalam berinteraksi, ketepatan dalam tindakan dan memiliki kebijaksanaan dalam pengambilan keputusan.

“Mari kita gunakan momentum Idul Fitri untuk merefleksikan dan memperbaiki diri kita agar mampu meningkatkan kualitas hubungan dengan sesama serta meningkatkan kontribusi kita dalam membangun Jabar yang lebih baik dan maju,” tegasnya.

Bey menyampaikan terima kasihnya atas dedikasi dan kerja keras juga dukungan pimpinan dan anggota DPRD Jabar, Kapolda Jabar, Pangdam III Siliwangi, Kajati Jabar, seluruh bupati dan wali kota, pejabat dan seluruh pegawai lingkup Provinsi Jabar, Pramuka, PMI, relawan serta masyarakat dalam mengawal kegiatan selama Idul Fitri, dimulai dengan arus mudik hingga arus balik.

“Semoga kerja sama dan kebersamaan kita yang telah terjalin dapat terus diperkuat. Kiranya keberkahan dan keceriaan selalu menyertai langkah kita ke depan. Selamat Idul Fitri 1445 Hijriah, mohon maaf lahir dan batin,” katanya.