Waspada, Berikut ini Prediksi Cuaca di Awal Puasa Ramadhan 2024

Iptek1457 views

Inionline.id – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca ekstrem bakal melanda sejumlah wilayah Indonesia hingga sepekan ke depan, termasuk saat awal Ramadhan 1445 Hijriah imbas sejumlah fenomena atmosfer.

Awal bulan Ramadhan tahun ini berpotensi ditetapkan berbeda oleh dua arus utama. Yang satu 11 Maret, yang satunya lagi, berdasarkan prediksi kondisi hilal, amat mungkin 12 Maret.

Meski begitu, perbedaan hari tersebut masih dalam periode cuaca ekstrem yang sama.

Dalam laman resminya, BMKG memperingatkan cuaca ekstrem ini termasuk potensi hujan dengan intensitas sedang-lebat ini disertai kilat/angin kencang di sebagian wilayah Indonesia yang terjadi pada periode 8-14 Maret 2024.

“Berdasarkan analisis cuaca terkini serta dengan mengamati perkembangan kondisi cuaca dalam sepekan ke depan, BMKG mengidentifikasi masih adanya potensi peningkatan curah hujan di beberapa wilayah dalam sepekan ke depan secara signifikan,” kata BMKG dalam siaran pers, Kamis (7/3).

“Perlu diwaspadai potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/angin kencang di wilayah Jabodetabek pada tanggal 8-14 Maret 2024,” lanjut lembaga tersebut.

BMKG menyampaikan kondisi ini merupakan akibat dinamika atmosfer yang dapat meningkatkan potensi cuaca ekstrem. Setidaknya, ada tiga kondisi dinamika atmosfer yang memicu cuaca ekstrem di Indonesia.

Pertama, aktivitas Madden Julian Oscillation(MJO) serta fenomena Gelombang Kelvin dan Rossby Equatorial yang aktif di wilayah Indonesia.

Kedua, peningkatan kecepatan angin dari arah utara Indonesia hingga melintasi ekuator melalui Selat Karimata yang mengindikasikan aktivitas Cross Equatorial Northerly Surge (CENS).

Ketiga, terdapat potensi pembentukan pusat tekanan rendah di Samudera Hindia Barat Daya – selatan Jawa dan Australia bagian utara yang dapat memicu terbentuknya pola pumpuna dan perlambatan angin di Indonesia bagian selatan.

Menurut BMKG, Banten dan Jawa Tengah masuk dalam wilayah kategori Siaga pada 8 Maret, yang berpotensi memicu dampak gangguan aktivitas seperti banjir dan tanah longsor.

Berikut prediksi cuaca sepekan ke depan menurut BMKG:

8-10 Maret 2024

Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Kep. Riau, Jambi, Kep. Bangka Belitung, Sumatra Selatan, Bengkulu, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur;

Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Maluku, Papua Barat, Papua.

11-14 Maret 2024

Sumatra Selatan, Bengkulu, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua.