Usai Resmi Menang Pilpres 2024, Singapura Beri Selamat ke Prabowo

Internasional957 views

Inionline.id – Usai Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan hasil pilpres 2024, Singapura memberi ucapan selamat ke Prabowo Subianto.

Kementerian Luar Negeri Singapura menyatakan Presiden Tharman Shanmugaratnam dan Perdana Menteri Lee Hsien Loong telah mengirim surat ke Prabowo.

“Presiden terpilih Prabowo yang saya hormati atas nama rakyat Singapura, saya ingin menyampaikan ucapan selamat yang setulus-tulusnya atas terpilihnya Anda sebagai Presiden Republik Indonesia,” demikian surat Shanmugaratnam dalam rilis Kemlu, Kamis (21/3).

Dalam surat itu, dia menyatakan Singapura dan Indonesia punya hubungan kuat yang didukung ikatan kekerabatan dan persahabatan.

“Saya yakin bahwa di bawah kepemimpinan Anda, Indonesia dan Singapura akan terus menjadi teman dekat dan mitra,” lanjut Shanmugaratnam.

Di kesempatan itu, Shanmugaratnam juga mengenang kembali pertemuan dia dengan Prabowo pada November 2023 di Singapura.

Ketika itu, Singapura memberikan penghargaan Darjah Utama Bakti Cemerlang (Tentera) [Perintah Layanan Terhormat (Militer)] untuk Prabowo.

“[Ini] mengakui kontribusi signifikan Anda dalam memperkuat hubungan pertahanan yang erat dan telah lama terjalin antara Indonesia dan Singapura,” ujar Shanmugaratnam.

Dia juga berharap bisa segera bertemu dengan Prabowo di Singapura.

“Saya menantikan pertemuan kita berikutnya dan menyambut Anda untuk segera mengunjungi Singapura,” kata Shanmugaratnam.

Sejumlah kepala negara juga mengucapkan selamat ke Prabowo.

Mereka di antaranya Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim, Presiden China Xi Jinping, Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak, hingga PM Jepang Fumio Kishida.

Ucapan dari para pemimpin dunia itu muncul saat Prabowo menang di Pilpres kali ini.

KPU mengumumkan Prabowo-Gibran menang di pilpres dengan 96.214.691 suara sah atau sekitar 58 persen.

Sementara itu, pasangan lain Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar meraih 40.971.906 suara atau sekitar 25 persen dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD mendapat 27.040.878 atau 16,5 persen suara sah.