Usai Real Count Tak Tembus Parlemen, PPP Soroti Anomali Sirekap

Politik957 views

Inionline.id – Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menilai ada anomali dalam data Sirekap KPU usai dalam dua hari belakangan suara PPP turun kendati jumlah TPS dan suara yang dimasukkan dalam Sirekap bertambah.

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi alias Awiek menyebut anomali itu menyebabkan persentase suara PPP berubah dan menurun. Namun ada satu parpol yang menurutnya mengalami kenaikan signifikan, kendati ia tidak menyebutkan parpol mana yang dimaksud.

“Dalam dua hari terakhir terjadi anomali di sirekap yang sudah mencapai 65 persen. Anomali terlihat dari penurunan suara dari PPP, sementara jumlah TPS yang diinput bertambah,” kata Awiek saat dihubungi, Jumat (1/3).

Awiek pun meyakini PPP akan tetap lolos dan melenggang ke Senayan pada Pileg 2024. Sebab menurutnya berdasarkan salinan formulir C yang masuk di database Bappilu DPP PPP, suara PPP sudah melebihi ambang batas parlemen.

Di sisi lain, Awiek juga menilai Sirekap KPU hanyalah alat bantu yang tidak mengikat secara hukum sehingga dapat diabaikan.

“Karena itu kami minta semua kader PPP seluruh tingkatan untuk mengawal suara PPP. Jangan sampai hilang ataupun migrasi ke partai tertentu,” ujar Awiek.

Data real count di situs resmi KPU dengan perolehan suara masuk 65,64 persen per Jumat (1/3) menunjukkan PPP sementara ini tidak lolos ambang batas parlemen. PPP hanya memperoleh persen dengan perolehan sebanyak 3.037.999 suara atau 3,97 persen.