Untuk Kebutuhan Masyarakat Saat Lebaran, BI Sumut Siapkan Rp7,2 Triliun

Berita657 views

Inionline.id – Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Wilayah (Kpw) Sumatra Utara (Sumut) menyiapkan uang kartal mencapai Rp7,2 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat saat Ramadan dan Lebaran 2024.

Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumatra Utara Suharman Tabrani mengatakan secara historis menunjukkan setiap Ramadan dan menjelang Idulfitri masyarakat yang menggunakan uang tunai meningkat.

“Untuk uang rupiah kita telah melakukan persiapan memenuhi kebutuhan masyarakat fokus pada sebulan ke depan,” kata Suharman di Bank Indonesia Kantor Perwakilan Wilayah Sumut, Kamis (21/3/2024).

BI memprediksi uang kartal yang dibutuhkan perbankan untuk melayani masyarakat periode Ramadan dan Idulfitri 2024 berkisar Rp4,4 triliun.

“Berdasarkan data kami, di tahun 2022 kebutuhan masyarakat akan uang kartal saat Idulfitri mencapai Rp4,7 triliun, tahun 2023 Rp4,2 triliun. Tahun 2024, kami perkirakan kebutuhan masyarakat sekitar Rp4,4 triliun, tapi kami menyiapkan Rp7,2 triliun,” katanya.

“Mudah mudahan ini menunjukkan gairah daya beli masyarakat meningkat sehingga dampak positif pertumbuhan ekonomi bisa dirasakan,” imbuhnya.

Untuk lokasi penukaran uang di Medan tersebar di Pusat Pasar Medan (27 Maret 2024), Pasar Sukaramai (28 Maret 2024) dan Plaza Medan Fair (25 Maret-5 April 2024). Adapun jam layanan penukaran uang pukul 09.00-12.00 WIB.

“Sampai tanggal 18 Maret 2024, jumlah uang yang telah dikeluarkan Bank Indonesia Kpw Sumut melalui perbankan sudah mencapai Rp1,2 triliun,” jelasnya.

Tak hanya itu, tambahnya, Bank Indonesia Kantor Perwakilan Wilayah Sumatera Utara juga menyediakan layanan penukaran uang pecahan di rest area Tol Tebing Tinggi mulai 2 -4 April dengan jam layanan pukul 09.00 – 12.00 WIB

“Selain menyediakan layanan penukaran di loket loket yang telah disediakan tadi, tentu masyarakat juga bisa menukarkan uang di masing masing loket perbankan pada tanggal yang sama,” ungkapnya.

Dia menjelaskan untuk mekanisme penukaran yakni masyarakat dapat melakukan pendaftaran dan menentukan lokasi penukaran dengan aplikasi penukaran dan tarik uang rupiah pada website www.pintar.bi.go.id.

“Aplikasi ini dimaksudkan untuk melayani masyarakat secara tertib dan kami pastikan semua masyarakat terlayani. Jumlah penukaran uang rupiah maksimal Rp4 juta per orang. Pemberian layanan secara go show kepada masyarakat yang belum melakukan pendaftaran di Pintar dapat dilakukan selama kuota masih tersedia,” tegasnya.