Rapor Pendidikan Membantu Pemda Buat Arah Kebijakan

Pendidikan1057 views

Inionline.id – Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini, Dasar dan Menengah (PAUD Dikdasmen) Kemendikbudristek, Iwan Syahril mengatakan, Rapor Pendidikan dapat membantu Pemerintah Daerah mendalami dunia pendidikan di wilayahnya. Sehingga Pemda bisa membuat arah kebijakan yang tepat sasaran.

“Terutama setelah Rapor Pendidikan diintegrasikan ke Kemendagri. Dan ini disajikan dengan cara yang sangat mudah untuk dipahami sehingga pemda bisa bergerak untuk melakukan perencanaan dan penganggaran,” kata Iwan di Gedung A Kemendikbudristek, Selasa 5 Maret 2024.

Menurut dia, Rapor Pendidikan memberikan tumpuan data mengenai kualitas satuan pendidikan. Sehingga pembahasan soal pendidikan di tingkat Pemda bisa lebih objektif.
“Menjauh dari hal-hal yang sifatnya asumsi dan abstrak. Jadi itu bisa jadi poin diskusi yang sangat cepat, yang tadinya mungkin agak abstrak kalau membicarakan masalah pendidikan, itu bisa kemana-mana. Tapi, dengan adanya Rapor Pendidikan bisa lebih mudah untuk melakukan diskusi dengan lebih fokus,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Mendikbudristek Nadiem Makarim mengatakan, Rapor Pendidikan merupakan bagian dari inisiatif Merdeka Belajar.  Rapor Pendidikan menjadi salah satu alat bantu bagi satuan pendidikan untuk melakukan identifikasi kondisi layanan satuan pendidikan, refleksi untuk menentukan prioritas pembenahan, dan menyusun rencana pembelajaran.

“Peningkatan layanan pendidikan ini butuh dukungan dan kolaborasi dari semua pihak, mulai dari pemerintah daerah, satuan pendidikan, bahkan orang tua sehingga proses pembenahan yang dilakukan lebih optimal,” ujar Nadiem.