Pembukaan Rute Kapal Palu – IKN Direstui Jokowi

Berita1157 views

Inionline.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyetujui pengadaan rute kapal roro dari Pelabuhan Wani, Palu, Sulawesi Tengah ke Kalimantan Timur, khususnya Ibu Kota Nusantara (IKN).

Ide itu awalnya disampaikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Menurut Jokowi, kapal roro akan mendukung pengangkutan material untuk pembangunan IKN.

“Saya setuju itu diadakan karena banyak bahan untuk pembangunan utamanya batu-batuan, pasir, berasal dari Sulawesi Tengah,” kata Jokowi dalam peresmian Pelabuhan Wani dan Pelabuhan Pantoloan di Palu, Sulawesi Tengah, yang ditayangkan Kanal YouTube¬†Sekretariat Presiden pada Rabu (27/3).

Jokowi mengatakan hampir seluruh material pembangunan IKN disuplai dari Sulawesi Tengah yang nilainya mencapai triliunan rupiah. Karenanya, ia menilai masyarakat Sulawesi Tengah ikut senang dengan pembangunan IKN.

Dalam kesempatan itu, Jokowi meresmikan rehabilitasi dan rekonstruksi dua pelabuhan di Teluk Pulau Sulawesi Tengah, yaitu Pelabuhan Wani dan Pelabuhan Pantoloan yang terdampak gempa dan tsunami pada 2018 lalu. Rehabilitasi dan rekonstruksi dua pelabuhan itu dibiayai oleh Asian Development Bank (ADB) sebesar Rp233 miliar.

Jokowi mengatakan fasilitas pelabuhan dalam negeri harus terus ditingkatkan sehingga tidak kalah dari negara lainnya.

“Diperkuat dengan standar manajemen, standar teknologi, dilengkapi dengan layanan logistik terintegrasi, terkoneksi, dengan moda angkutan lainnya,” katanya.

Jokowi mengatakan pelabuhan menjadi kunci perkembangan ekonomi Indonesia. Pelabuhan, sambungnya, penting bagi mobilitas orang maupun barang di Indonesia yang dua per tiga wilayahnya adalah laut.

Karenanya, ia mengingatkan pelayanan pelabuhan harus terus ditingkatkan karena persaingan saat ini semakin ketat.

“Apapun sekarang ini adalah persaingan, apapun sekarang adalah kompetisi, siapa yang cepat dia yang akan merebut kue ekonomi yang ada di dunia,” imbuhnya.