Oppenheimer Juara Umum Oscar 2024

Inionline.id – Oppenheimer berhasil mendominasi Piala Oscar 2024 usai mendapat 7 penghargaan, termasuk beberapa kategori utama Best Picture, Best Actor untuk Cillian Murphy, dan Best Director untuk Christopher Nolan.

Film biopik J. Robert Oppenheimer tersebut menjadi juara umum ajang tahun ini, sesuai prediksi para kritikus hingga media internasional.

“Saya pikir semua orang yang membuat film memimpikan momen seperti ini. Saya sudah memimpikan momen ini dalam waktu yang lama. Sekarang saya di sini dan semua di luar dugaan saya,” ujar produser Emma Thomas ketika menerima piala Best Picture Oscar 2024, Minggu (10/3) waktu Amerika Serikat.

Best Picture menjadi piala paling bergengsi yang diraih Oppenheimer dalam Academy Awards ke-96 atau Oscar 2024. Namun, film biopik itu juga mendapatkan deretan piala prestise lain dalam malam penghargaan tahun ini.

Sebut saja piala Best Director yang didapat Christopher Nolan usai mengalahkan sederet pesaingnya. Sutradara kawakan itu akhirnya mendapatkan Piala Oscar setelah delapan kali masuk nominasi.

Cillian Murphy juga mendapatkan Piala Oscar pertama untuk kategori Best Actor. Penghargaan itu merupakan kemenangan perdana sang aktor usai akhirnya masuk nominasi Oscar.

Kemudian, Robert Downey Jr. juga pecah telur dengan memenangkan kategori Best Supporting Actor. Ia unggul dari deretan nominee lainnya, termasuk Robert De Niro, Ryan Gosling, Sterling K. Brown, dan Mark Ruffalo.

Oppenheimer turut mendapatkan tiga piala kategori lain, seperti Best Original Score, Best Cinematography, hingga Best Film Editing.

Film garapan Nolan itu unggul dibanding Poor Things yang menempati posisi kedua dengan torehan 4 piala. Kemudian, The Zone of Interest berhasil mendapat dua piala, termasuk kategori Best International Feature Film.

Anatomy of a Fall dan The Holdovers juga mendapatkan masing-masing satu piala, sementara Barbie mendapat satu piala untuk kategori Best Original Song.

Di sisi lain, American Fiction berhasil menjadi pemenang kategori Best Adapted Screenplay. Film itu mengalahkan pesaing berat kategori itu, seperti Oppenheimer, Barbie, hingga The Zone of Interest.

Sementara itu, beberapa film gagal membawa pulang piala meskipun masuk sejumlah nominasi. Beberapa di antaranya, yakni Maestro, Past Lives, Killers of the Flower Moon, dan Spider-Man: Across the Spider-Verse.