Berikut ini 5 Tanaman Obat Pembersih Ginjal, Cocok untuk Jaga Kesehatan

Kesehatan1157 views

Inionline.id – Beberapa jenis minuman herbal ternyata bisa membantu membersihkan ginjal. Berikut tanaman obat pembersih ginjal.

Tanaman obat ini diyakini bisa diolah menjadi minuman herbal yang membantu menghilangkan racun yang mengendap di ginjal.

Ginjal merupakan salah satu organ vital pada tubuh. Tanpa ginjal, racun bisa menumpuk di dalam tubuh dan sulit keluar.

Banyak hal bisa memicu penumpukan racun di dalam tubuh. Sebut saja konsumsi makanan dan obat tertentu, kebiasaan konsumsi minuman beralkohol, hingga polusi udara yang bisa terserap tubuh.

Akibatnya, fungsi ginjal terganggu hingga racun menumpuk di ginjal. Minuman dari tanaman herbal bisa membantu menjadi obat pembersih ginjal.

Berikut tanaman obat pembersih ginjal:

1. Kunyit

Mengonsumsi minuman yang terbuat dari kunyit diyakini ampuh membersihkan ginjal. Melansir berbagai sumber, kunyit diyakini ampuh mengurangi urea, mencegah peradangan pada ginjal, dan membantu mengeluarkan limbah atau racun yang mengendap di ginjal.

2. Jahe

Mengonsumsi minuman jahe juga ampuh membersihkan ginjal. Jahe dipercaya membatasi toksisitas ginjal dan menjaganya tetap sehat.

3. Ginseng

Tidak berbeda dengan jahe, ginseng juga bagus untuk membersihkan ginjal. Ginseng diyakini bisa membantu mengatasi toksisitas sisplatin (obat kemoterapi untuk kanker).

4. Ketumbar

Ketumbar juga memiliki efek menenangkan pada tubuh. Ini membantu mengurangi sensasi terbakar saat buang air kecil.

Ini menyembuhkan infeksi pada kandung kemih dan ureter. Itu menjaga kesehatan ginjal karena juga merupakan diuretik alami.

5. Seledri

Seledri digunakan dalam beberapa pengobatan tradisional sebagai obat batu ginjal.

Sebuah penelitian menemukan bahwa rata-rata partisipan wanita penderita batu ginjal makan lebih sedikit seledri dibandingkan partisipan wanita tanpa batu ginjal.

Dan sebuah studi tahun 2019 pada tikus menemukan bahwa ekstrak seledri membantu memecah batu ginjal.

Haluskan satu atau lebih batang seledri dengan air, lalu minum airnya.

Itulah beberapa tanaman obat pembersih ginjal yang bisa dinikmati, namun jangan lupa juga untuk minum cukup air putih dan makanan sehat agar ginjal tetap sehat.