Jalan Timnas Indonesia ke Piala Dunia 2026 Masih Panjang

Inionline.id – Timnas Indonesia punya peluang besar untuk melaju di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Namun, Marselino Ferdinan mengingatkan perjalanan masih panjang.

Indonesia berhasil membenamkan Vietnam 3-0 di My Dinh Stadium dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026, Selasa (26/3/2024) malam WIB. Gol-gol Indonesia dicetak oleh Jay Idzes, Ragnar Oratmangoen, dan Ramadhan Sananta.

Hasil ini membuat Indonesia mantap di posisi kedua Grup F dengan tujuh poin. Vietnam masih di urutan ketiga dengan tiga angka.

Masih ada dua pertandingan tersisa dan Indonesia butuh satu kemenangan lagi untuk melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Irak sudah melaju lebih dulu karena mengantongi 12 poin dari empat laga dan tidak akan bisa disamai oleh Vietnam.

“Dapat tiga poin di kandang lawan sangat luar biasa. Perjalanan masih panjang dan kita fokus ke pertandingan selanjutnya,” kata Marselino di akun Instagram Timnas Indonesia.

18 negara yang ada di posisi dua teratas dari sembilan grup nantinya berhak melaju ke putaran ketiga. Kemudian dibagi lagi ke dalam tiga grup dengan masing-masing diisi tiga negara.

Dua tim teratas dari masing-masing grup berhak melaju ke Piala Dunia 2026 yang berlangsung di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko. Untuk penghuni posisi ketiga dan keempat di setiap grup bakal di adu lagi pada putaran keempat.

Akan ada enam negara yang bersaing dengan dibagi ke dua grup. Para juara grup nantinya berhak meraih tiket ke Piala Dunia 2026.

Selanjutnya untuk posisi runner-up dari masing-masing grup bakal diadu lagi di putaran kelima. Pemenangan meriah tiket playoff untuk melawan wakil dari seluruh konfederasi Afrika (CAF), Amerika Latin CONMEBOL, Oseania (OFC), Amerika (CONCACAF).