PLN Lampung Tambah 13 Titik SPKLU Baru di Tol Saat Mudik Lebaran

Ekonomi1257 views

Inionline.id – PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Lampung menambah 13 titik Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) baru di sepanjang ruas tol Lampung selama periode mudik Idulfitri 1445 H/2024.

Pembangunan 13 titik SPKLU baru tersebut dikebut perseroan dalam waktu satu malam pada 26 Maret 2024, hingga beroperasi. Belasan SPKLU baru tersebut dioperasikan, yakni untuk menjamin ketersediaan bahan bakar kendaraan listrik pemudik yang menempuh perjalanan di Lampung.

General Manager (GM) PLN UID Lampung Sugeng Widodo mengatakan penambahan 13 titik SPKLU itu sebagai bentuk komitmen perseroan dalam upaya menyiapkan sebaran infrastruktur ekosistem kendaraan listrik (electric vehicle) di Lampung.

“Kami terus perbanyak SPKLU khususnya di Lampung, agar kepercayaan publik terus meningkat dan menyegerakan beralih kendaraan listrik,” kata Sugeng dalam keterangannya, Selasa (26/3).

Selain memperbanyak jumlahnya, kata Sugeng, perseroan juga memastikan bahwa seluruh SPKLU yang tersedia di Lampung dapat beroperasi secara baik dan optimal, sehingga siap melayani dan memudahkan masyarakat yang melakukan pengisian daya untuk kendaraan listriknya saat mudik lebaran nanti.

“Penambahan 13 titik baru SPKLU ini, sebagai bentuk pelayanan PLN kepada masyarakat untuk dapat memberikan rasa tenang dan kenyamanan bagi pemudik yang menggunakan kendaraan listrik saat melintasi ruas jalan tol,” ujarnya.

Menurutnya, terdapat tiga jenis pengisian daya pada SPKLU yang beroperasi dan siap melayani kebutuhan pemudik pengguna kendaraan listrik, diantaranya jenis Medium Charging, Fast Charging dan Ultra Fast Charging (super cepat).

“PLN sangat siap menyambut mudik lebaran para pemudik pengguna kendaraan listrik, baik itu tujuannya ke Lampung menuju ke kampung halamannya atau hanya sekedar melintasi Provinsi Lampung. Jadi nggak perlu khawatir, jika berencana mengendarai mobil listrik saat mudik lebaran,” kata dia.

Sementara, Senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN UID Lampung, Wira Bhakti Dharma memaparkan, sebaran 13 titik SPKLU baru di ruas jalan tol Lampung (Bakauheni arah Kayu Agung) tersebut, diantaranya rest area KM 20A, KM 33A, KM 67A, KM 87A, KM 116A, KM 208A dan KM 234A.

Kemudian, titik baru SPKLU yang berada di ruas jalan tol Lampung (Kayu Agung arah Bakauheni), diantaranya adalah di rest area KM 215B, KM 116B, KM 87B, KM 67B, KM 49B dan KM 33B.

“Penambahan 13 titik baru SPKLU tersebut, untuk memperkuat 7 titik SPKLU yang sebelumnya telah beroperasi,”¬†paparnya.

Sedangkan untuk 7 titik SPKLU yang telah beroperasi sebelumnya, lanjut Wira, yakni berada di empat titik rest area jalan tol KM 49A (Lampung-Palembang), KM 163A (Lampung Tengah), KM 172B (Tulangbawang Barat) dan KM 20B (Bakauheni-Kayu Agung).

Kemudian di jalur arteri, yakni SPKLU di area Els Coffee and Roastery Jalan Soekarno Hatta (Bypass) Kota Bandar Lampung, lalu Kantor PLN UID Lampung wilayah Rajabasa dan di Kantor PLN UP3 Tanjung Karang.

“Jadi total keseluruhan SPKLU di Lampung yang siap beroperasi momen mudik lebaran Idul Fitri 1445 H/2024 sebanyak 20 titik, 17 titik di ruas jalan tol dan 3 titik di jalur arteri,” terangnya.

Wira menambahkan, guna memudahkan masyarakat untuk mengetahui titik-titik lokasi sebaran SPKLU tersebut secara lebih terperinci, dan juga melakukan transaksi pengisian daya kendaraan listriknya, maka masyarakat dapat mengunduh aplikasi PLN Mobile.

“Jadi cukup buka aplikasi PLN Mobile, pilih fitur electric vehicle, lalu pilih SPKLU kemudian PLN Mobile akan menampilkan sejumlah titik SPKLU yang terdekat dan aktif dengan lokasi pengguna kendaraan listrik tersebut,” pungkasnya.