Gantikan Arsul Sani, Amir Uskara Resmi Dilantik Wakil Ketua MPR

Berita1357 views

Inionline.id – Amir Uskara resmi dilantik menjadi Wakil Ketua MPR RI dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menggantikan Arsul Sani.

Pelantikan dipimpin langsung Ketua MPR Bambang Soesatyo. Acara pelantikan digelar di kompleks parlemen, Jakarta, Jumat (8/3) siang.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai Wakil Ketua MPR RI dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya,” kata Amir Uskara membacakan sumpahnya.

“Bahwa saya akan memegang teguh Pancasila dan menegakkan UUD NRI 1945 serta peraturan perundang-undangan,” lanjut dia.

Amir membacakan sumpahnya di hadapan pimpinan MPR. Mereka ialah, Ketua MPR Bamsoet, Wakil Ketua Ahmad Basarah, Hidayat Nur Wahid, dan Fadel Muhammad.

Sebelumnya, Arsul Sani resmi dilantik menjadi hakim konstitusi pada 18 Januari 2024. Ia menjadi Hakim konstitusi berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 102/P Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan pengangkatan Hakim Konstitusi yang Diajukan DPR.

Arsul terpilih sebagai hakim konstitusi yang diajukan DPR. Ia menggantikan Wahiduddin Adams yang memasuki masa pensiun sejak 17 Januari 2024.

Ia duduk sebagai hakim konstitusi atas persetujuan DPR dan telah menjalani uji kepatutan dan kelayakan pada September 2023, dan terpilih pada Oktober 2023.

Pada proses uji kepatutan dan kelayakan, Arsul menyingkirkan enam calon hakim konstitusi lain pengganti hakim konstitusi Wahiduddin Adams.