Dalam Agresi Israel, 10 Pemimpin Hamas yang Terbunuh

Internasional857 views

Inionline.id – Agresi Israel yang sudah berlangsung lama turut membunuh beberapa pemimpin Hamas yang bertempur dalam lima bulan terakhir.

Pembebasan puluhan sandera dan rencana gencatan senjata selama beberapa hari tak menjadi akhir dari perang antara Israel dan Hamas.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menegaskan tidak akan tunduk pada tekanan internasional untuk menghentikan agresi brutalnya di Jalur Gaza Palestina.

“Tekanan internasional sebesar apa pun tidak akan menghentikan kami untuk mewujudkan semua tujuan perang: melenyapkan Hamas, melepaskan semua sandera kami, dan memastikan bahwa Gaza tidak lagi menjadi ancaman terhadap Israel,” kata Netanyahu dalam pertemuan dengan kabinetnya pada Minggu (17/3).

Sejak agresi brutal Israel pada 7 Oktober, terdapat 10 pemimpin Hamas yang terbunuh dalam berbagai pertempuran.

Berikut daftar pemimpin Hamas yang tewas oleh pasukan Israel dalam beberapa waktu terakhir.

1. Ayman Nofal

Militer Israel berhasil membunuh komandan tertinggi Hamas, Ayman Nofal yang bertugas di kamp pengungsi Bureij, Gaza.

Kematian Nofal dikonfirmasi oleh kelompok sayap bersenjata Hamas, Brigade Izz el-Deen al-Qassa imbas serangan udara Israel pada Oktober 2023.

Nofal merupakan tokoh yang berpengaruh di Hamas dalam pembuatan senjata dan mengarahkan roket untuk ditembakkan ke Israel. Ia juga pernah terlibat menjadi kepala intelijen Hamas.

2. Bilal Al Qedra

Bilal Al Qedra menjadi salah satu komandan Hamas yang terbunuh oleh militer Israel. Juru bicara IDF, Letnan Kolonel Peter Lerner mengungkapkan bahwa Bilal tewas saat memimpin serangan terhadap Kibbutz atau pemukiman Nirim di dekat perbatasan Israel, dikutip dari CNN.

“Ini hanya untuk mencontohkan bahwa kami memiliki intelijen untuk memusnahkan kepemimpinan Hamas sampai ke pihak-pihak peneror yang melanggar, menembus, dan membantai bayi di kamar tidur mereka. Jadi, operasi sedang berlangsung,” ujar Lerner.

3. Muetaz Eid

Israel menargetkan 250 titik serangan untuk melumpuhkan Hamas dalam serbuan balasan ke Gaza. Lebih dari itu, Israel juga menyerang lebih dari 100 sasaran militer di Zaytun, Khan Yunis, dan Jabaliya barat.

Israel gencar menggempur berbagai pusat komando operasional, kompleks militer, lusinan peluncur, pos peluncuran rudal anti-tank, dan pos pengamatan.

Hingga pada akhirnya Israel berhasil menggugurkan komandan Hamas, Muetaz Eid. Kematiannya pun dikonfirmasi oleh intelijen IDF dan Badan Keamanan Israel (ISS) yang mendeteksi di distrik selatan.

4. Merad Abu Merad

IDF mengklaim berhasil membunuh komandan Hamas, Merad Abu Merad, saat menyerang Gaza pada tahun lalu.

Merad terbunuh atas serangan jet tempur Israel menyasar markas operasional Hamas.

Merad dikenal sebagai pemimpin yang memberi komando serbuan Hamas ke Israel pada Oktober 2023.

5. Jawad Abu Shamala

Jawad Abu Shamala merupakan menteri ekonomi Hamas yang selama ini mendanai aktivitas Hamas, baik di dalam maupun luar Gaza.

Gugurnya Jawad terjadi setelah gempuran Israel dalam beberapa hari yang menyerang bank-bank utama Hamas. Israel juga meluncurkan serangan udaranya dan menargetkan beberapa lokasi strategis pemimpin Hamas.

6. Mohammed Katamish

Pejabat senior Hamas, Mohammed Katamish terbunuh pada Oktober 2023 lalu.

Kematiannya dikonfirmasi oleh militer Israel usai terkena serangan artileri di jalur Gaza.

Katamish merupakan wakil komandan sistem roket dan artileri kelompok perlawanan Palestina dan bertanggung jawab untuk mengarahkan tembakan roket di wilayah tengah.

7. Zakaria Abu Maamar

Zakaria Abu Maamar merupakan ketua biro politik Hamas yang gugur bersamaan dengan Jawad Abu Salama dalam serangan udara Israel pada Oktober 2023 lalu.

Dikutip dari Reuters, putri dari Maamar terlihat menangis di pemakaman ayahnya yang dibunuh di Khan Younis, selatan Jalur Gaza.

8. Samir Findi Abu Amer

Ia merupakan salah satu pemimpin Hamas sayap Brigade Al Qassam pada Rabu (3/1) .

Abu Amer terbunuh dalam sebuah gempuran Israel di pinggiran selatan Beirut, Dahiyeh. Kematiannya kemudian dikonfirmasi oleh saluran TV Hamas Al Aqsa melalui Telegram.

9. Saleh Al Arouri

Saleh Al Arouri merupakan salah satu pemimpin Hamas yang terbunuh pada Selasa (21/1).

Ia terbunuh oleh salah satu pesawat tanpa awak menyerangnya saat menghadiri salah satu pertemuan para petinggi Hamas di Lebanon.

Kematiannya dikonfirmasi oleh juru bicara militer Israel Admiral Daniel Hagari yang mengakui bahwa ia kerap “fokus untuk membasmi Hamas”.

Ia juga mengonfirmasi bahwa serangan tersebut tidak menargetkan Lebanon secara luas, tetapi lebih berfokus pada para petinggi Hamas yang tengah melakukan pertemuan di sana.

10. Marwan Issa

Salah satu Wakil Komandan Militer Hamas, Marwan Issa terbunuh pada Sabtu (9/3).

Ia terbunuh usai terkena serangan udara militer Israel. Issa menjadi orang yang paling dicari oleh militer Israel sejauh ini.

Issa bersama para pejabat senior Hamas lainnya turut menjadi target utama serangan udara yang dilakukan oleh Israel di sebuah kompleks bawah tanah, Gaza tengah.

Namun, para ahli berpendapat bahwa kematiannya tak berpengaruh signifikan terhadap struktur kepemimpinan Hamas.