Berikut Ini Tips Puasa Sehat Untuk Penderita Diabetes

Kesehatan957 views

Inionline.id – Penderita diabetes yang tengah berpuasa, tetap harus berhati-hati. Pasalnya ada sejumlah pantangan yang harus diperhatikan, terutama soal makanan dan minuman saat berbuka puasa.

Dokter spesialis penyakit dalam di Eka Hospital Bekasi, Melisa Diah Puspitasari mengatakan memang ada pantangan berkaitan dengan makanan dan minuman bagi para diabetesi.

Makanan dan minuman yang dipantang atau tidak boleh dimakan ini tidak jauh berbeda dengan pantangan saat tidak berpuasa.

“Saat puasa, diabetisi harus menghindari makanan dan minuman tinggi gula, baik saat sahur maupun berbuka, serta menghindari makanan tinggi lemak,” kata Melisa dalam keterangan tertulis, Selasa (26/3).

Jika memang tetap ingin mengonsumsi, porsinya pun harus sangat sedikit. Istilahnya kata dia cukup mencicip saja agar gula darah tidak melonjak naik.

Melisa juga membagikan tips dan pilihan makanan yang bisa dikonsumsi selama puasa oleh para penderita diabetes.

Berikut tips sehat puasa untuk penderita diabetes :

1. Makan mendekati waktu imsak

Makan mendekati waktu imsak sangat dianjurkan untuk dilakukan para penderita diabetes. Mereka juga boleh berbuka puasa secepat mungkin saat waktunya tiba.

“Karena keduanya bisa menjaga kadar gula darah. Kalau makan mepet imsak jadi nutrisinya bisa terjaga agak lama di tubuh, sehingga kadar gula bisa tetap stabil,” katanya.

2. Pilih makanan sehat dan aman

Makanan dan minuman yang dianjurkan oleh orang diabetes saat berbuka puasa dan sahur adalah makanan yang sehat. Makanan itu harus memiliki kriteria tinggi serat, rendah lemak, rendah gula atau karbohidrat dan indeks glikemik rendah.

3. Pilih air putih

Minuman segar dengan rasa manis ditambah berbagai topping memang cocok untuk berbuka puasa. Tapi Melisa mengingatkan minuman ini justru bisa membuat gula darah melonjak naik.

Oleh karena itu bagi penderita diabetes minuman yang bagus dikonsumsi saat berpuasa adalah air putih. Jika ingin minum susu, pastikan pilih susu yang rendah lemak tanpa pemanis.