Berikut ini Resep Air Nabeez, Minuman Sari Kurma Favorit Rasulullah

Inionline.id – Air nabeez merupakan air rendaman kurma yang dikenal sebagai minuman kesukaan Nabi. Simak resepnya berikut ini.

Kurma jadi makanan favorit di bulan Ramadhan, terutama saat berbuka puasa. Selain dimakan langsung, kurma juga bisa dikonsumsi dengan airnya atau nabeez.

Dikatakan dalam hadis bahwa Rasulullah menyukai minuman yang dingin atau minuman yang halal dan menyehatkan.

Dalil mengenai nabeez diriwayatkan dari Aisyah RA, dia berkata “Kami membuat perasan untuk Rasulullah shallallahu alaihi wasallam di dalam air minum yang bertali di atasnya, kami membuat rendaman di pagi hari dan meminumnya di sore hari. atau membuat rendaman di sore hari lalu meminumnya di pagi hari.”

Mengutip buku Al-Futuhat Al-Makiyyah Jilid 5, yang berjudul “Risalah tentang Ma’rifah Rahasia-rahasia Sang Raja dan Kerajaan-Nya” oleh Asy-Syaikh Al-Akbar Muḥyiddin Ibn Al-‘Arabi, Ibnu Manzur :

“Dinamakan nabeez kurma adalah ketika seseorang menaruh kurma di sebuah tempat yang ada airnya dan membiarkannya (dalam waktu yang lama) hingga berbau dan airnya menjadi manis.”

Resep Membuat Air Nabeez

Mengutip unggahan di Instagram Halal Influencer Aisha Maharani, berikut ini resep dan cara membuat air nabeez yang benar.

1. Rendamlah beberapa butir kurma (disunahkan dalam bilangan ganjil) ke dalam air matang di dalam segelas air.

2. Disarankan untuk dibuat pada waktu sore hari menjelang malam, dan pastikan gelas rendaman kurma tertutup sempurna.

3. Setelah 8 sampai 12 jam perendaman, air rendaman kurma dapat diminum dan buah kurma hasil rendaman dapat dimakan.

Manfaat minum air nabeez

Air nabeez merupakan jenis minuman beralkali yang dapat membantu membuat kelebihan asam dalam perut serta memperbaiki sistem pencernaan tubuh.

Air nabeez juga bermanfaat sebagai detox yang mana dapat membantu menyingkirkan racun di dalam tubuh.

Air nabeez merupakan minuman yang tinggi akan fiber sehingga mampu memperlancar proses pencernaan dan menajamkan ingatan.

Pantangan ketika membuat air nabeez

Melansir laman Majelis Ulama Indonesia (MUI), meski air nabeez halal dikonsumsi tetapi terdapat peluang nabeez berubah menjadi khamar.

Hal itu mengakibatkan proses pembuatan air nabeez membutuhkan beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain :

1. Tidak mencampurkan kurma matang dan tidak matang, atau kurma dengan kismis

Diriwayatkan dari Abu Qatadah r.a, ia berkata, Rasulullah saw bersabda, “Jangan kalian membuat minuman dengan mencampurkan kurma yang hampir matang dengan kurma yang sudah matang.

Jangan kalian membuat minuman dengan mencampurkan kismis dan kurma. Tetapi pisahkanlah keduanya pada tempat masing-masing.” (HR Bukhari)

2. Tidak mencampurkan nabeez dengan susu

Menurut kitab Ath-Thibbun Nabawi karya Imam Ibnul Qayyim (Hal. 324), Bab “Berbagai Anjuran yang Bermanfaat dalam Pengobatan dan Gaya Hidup”, dinyatakan :

“Barang siapa yang menggabungkan dalam lambungnya susu dengan nabeez, maka apabila ia menderita lepra atau asam urat, tidak ada yang disalahkan kecuali dirinya sendiri.”

Apakah nabeez bisa berubah menjadi haram?

Air nabeez pada dasarnya merupakan air rendaman yang dapat bertahan satu hingga dua hari apabila disimpan di dalam lemari es.

Apabila rendaman air nabeez melebihi tiga hari, maka akan menjadi arak atau khamr, sehingga hukumnya haram untuk diminum. Jadi pastikan untuk membuat air nabeez sesuai dengan ketentuan dan diminum ketika masih segar.