4.376 Polisi Diterjunkan di KPU-Bawaslu di Pengumuman Pilpres Hari Ini

Berita957 views

Inionline.id – Polda Metro Jaya menyiagakan 4.376 personel untuk mengawal pengumuman hasil Pemilu dan Pilpres 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Rabu (20/3) ini. Saat ini, penghitungan dan rekapitulasi suara masih berlangsung dan diprediksi selesai pada malam hari.

“Untuk pengamanan menjelang putusan rekapitulasi hasil Pemilu 2024 Polda Metro Jaya menyiagakan setidaknya ada 4.376 personel,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi dalam keterangannya kepada wartawan.

Ade menerangkan ribuan personel itu ditempatkan di sejumlah titik, yaitu di Monas, Bawaslu, KPU, dan sekitar gedung DPR.

Rinciannya, di Monas 550 personel, di Bawaslu 530 personel, di KPU 2.355 personel, dan sekitar DPR sebanyak 940 personel.

Ade menegaskan polisi telah memiliki standar operasional prosedur (SOP) dalam melakukan pengamanan. Ia berharap seluruh kegiatan masyarakat bisa tetap berjalan aman dan tertib.

“Jadi kita berpedoman pada SOP itu yang sudah ada dengan mengedepankan kegiatan preemtif, persuasif, ajakan, imbauan, komunikasi sehingga saling dipahami dimengerti tujuan nya harus sama supaya aman dan tertib,” ucapnya.

KPU memiliki tenggat waktu rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 hingga hari ini. Hal tersebut diatur dalam Pasal 413 UU Nomor 7 Tahun 2017.

Berdasarkan rekapitulasi suara sejauh ini, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka diprediksi menang Pilpres 2024. Perolehan suara mereka mengungguli dua lawannya, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.