Temui Pangeran MbS Minta Solusi Perang di Ukraina, Zelensky Menuju Saudi

Internasional1257 views

Inionline.id – Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky melakukan kunjungan ke Arab Saudi, menemui Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MbS).

Dalam pertemuan pada Selasa (27/2) itu, Zelensky memuji Kerajaan Saudi terkait upaya dan solusi untuk mengakhiri invasi Rusia ke Ukraina yang dimulai dua tahun lalu.

“Kepemimpinan Kerajaan telah berkontribusi dalam pembebasan rakyat kami. Saya yakin pertemuan ini juga akan membuahkan hasil,” tulis Zelensky di X, dikutip AFP.

“Kami juga akan membahas bidang-bidang kerja sama ekonomi yang menjanjikan, dan keterlibatan Arab Saudi dalam rekonstruksi di Ukraina,” tambahnya.

Dalam pernyataan di situs web Presiden Zelensky, disebut bahwa kedua pemimpin membahas “Formula Perdamaian Kyiv”, untuk mengakhiri konflik.

“Kepala negara [Zelensky] secara khusus mencatat upaya Arab Saudi untuk membantu memulihkan perdamaian yang adil di Ukraina. Kepemimpinan Saudi dapat membantu menemukan solusi yang adil,” kata Zelensky, dilansir Reuters.

Sementara itu kantor berita Saudi mencatat bahwa putra mahkota telah menegaskan keinginan dan dukungan Kerajaan, untuk semua upaya yang bertujuan menyelesaikan krisis Rusia-Ukraina.

Tahun lalu Saudi menjadi tuan rumah perundingan mengenai perang di Ukraina, dengan mempertemukan perwakilan dari hampir 40 negara. Rusia tak hadir pada pertemuan itu.

Saudi juga pernah bertindak sebagai mediator dalam pertukaran tahanan Ukraina dan Rusia.