Soal Potensi Kecurangan Pemilu 2024, Presiden Jokowi Buka Suara

Berita857 views

Inionline.id – Presiden Joko Widodo menegaskan ada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Mahkamah Konstitusi (MK) yang bisa menangani potensi kecurangan Pemilu 2024.

Jokowi menegaskan badan/lembaga tersebut akan bertindak sesuai fungsinya, tergantung dugaan kecurangan yang ada.

“Semuanya kan ada mekanismenya. Kalau di lapangan ada kekurangan, bisa dilaporkan ke Bawaslu,” kata Jokowi usai menggunakan hak suaranya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 10, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (14/2).

“Kemudian kalau masih belum ini, kan ada gugatan lagi di MK. Saya kira mekanisme itu yang harus semuanya mengikuti,” ujarnya.

Jokowi menegaskan pemilu adalah pesta demokrasi adalah pestanya rakyat, dan ia berharap bisa berlangsung jurdil alias jujur dan adil serta luber (langsung, umum, bebas, rahasia).

“(Harapan) pemilunya berjalan dengan lancar, seluruh rakyat bisa menggunakan hak pilihnya dengan baik dan semuanya berlangsung dengan jurdil, luber, dan aman itu yang kita harapkan,” tandas Jokowi.

Jokowi sendiri telah memberikan hak suara lewat TPS yang berada di Gedung LAN. Ia datang didampingi ibu negara, Iriana, pada pukul 08.47 WIB dengan menaiki mobil berpelat RI I.

Jokowi menggunakan kemeja putih dengan celana hitam, sementara istrinya mengenakan pakaian bernuansa hijau sage.

Akan tetapi, Ibu Negara tak berkomentar soal pencoblosan hari ini. Iriana hanya sesekali melempar senyum.