Soal Hasil Quick Count Prabowo, Anies dan Ganjar Buka Suara

Politik757 views

Inionline.id – Paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul dalam hitung cepat atau quick count Pilpres 2024 dengan perolehan suara sementara yang masuk 95 persen oleh empat lembaga survei.

Hasil tersebut menyatakan suara Prabowo-Gibran melebihi 55 persen. Sementara pasangan Anies-Muhaimin di urutan kedua, sementara Ganjar-Mahfud urutan ketiga.

Terkait hasil quick count tersebut, capres nomor urut 1 Anies Baswedan mengaku akan menghormati hasil penghitungan suara Pilpres 2024 yang dirilis Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Sekali lagi kami tegaskan bahwa kita menghormati, menghargai KPU, dan kita akan tunggu hasil KPU, sekaligus komitmen dari kami bahwa hasil yang dikeluarkan KPU, kami akan hormati, kami akan hargai,” ujar Anies yang didampingi cawapresnya, Muhaimin Iskandar di Posko Pemenangan AMIN, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Rabu (14/2) malam.

Anies juga meminta para pendukungnya untuk memberikan kewenangan total kepada KPU untuk menuntaskan tugasnya menghitung suara Pilpres 2024.

“Untuk menuntaskan proses perhitungan. Kita hargai, taati,” ujarnya.

Di sisi lain, Anies juga menyerukan kepada para pendukungnya untuk terus berjuang karena perjuangannya belum selesai dan masih panjang. Anies menegaskan kepada para pendukungnya bahwa dirinya akan tetap menjadi bagian dari gerakan perubahan dan tidak akan bergeser.

“Komitmen saya tetap menjadi bagian dari gerakan perubahan. Kita tidak akan bergeser, kita tidak akan bergeming dan kita terus bahwa gagasan perubahan untuk Indonesia yang lebih baik yang lebih adil dan makmur,” ujarnya.

Sementara itu, capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo mempertanyakan apakah masyarakat percaya terhadap perolehan suara yang disajikan oleh sejumlah lembaga.

“Kamu percaya enggak suara saya segitu? He-he-he,” kata Ganjar di Teuku Umar, Jakarta Pusat, demikian dikutip dari detikcom, Rabu (14/2).

Ganjar menyatakan akan mengikuti terus hasil penghitungan suara oleh KPU RI hingga akhir pada bulan Maret mendatang. Dia juga menyebut seluruh saksi dan kader masih terus bekerja hingga saat ini.

“Kita akan mengikuti semua apa yang diberitakan dan tentu penghitungan akhir nanti sampai Maret,” ucap dia.

Ganjar pun berkata tidak ada perjuangan yang sia-sia dalam kontestasi politik ini. Pihaknya mengaku akan terus berupaya dalam mengawal penghitungan suara.

“Jadi hari ini dari seluruh saksi, dari partai, mereka sekarang lagi bekerja dan tidak ada perjuangan yang sia-sia. Dan tentu saja semua masih semangat dan kita juga semangat,” ujarnya.

“Tadi saya dikasih informasi dari seluruh Indonesia, dari hasil-hasil yang ada dan sekarang lagi diakumulasikan nantinya di partai, lebih khusus yang di PDI Perjuangan. Maka kita tunggu saja, nanti yang sifatnya teknis, kawan-kawan TPN yang sedang menyiapkan,” imbuhnya.