Pengamanan Kampanye Pemungkas di GBK dan JIS Disiapkan Polri

Berita1057 views

Inionline.id – Polri bakal menyiapkan pengamanan untuk kampanye akbar terakhir di dua lokasi di Jakarta yakni Gelora Bung Karno (GBK) dan Jakarta International Stadium (JIS) pada 10 Februari mendatang.

Tak hanya di Jakarta, Kabaharkam Polri Komjen Fadil Imran mengatakan pengamanan juga dilakukan di lokasi kampanye akbar yang ada di wilayah lain.

“Terkait dengan pengamanan untuk tanggal 8, 9, 10, itu kan ada zona. Zona A, zona B, zona C. Di Jakarta sendiri tanggal 10 (Februari) itu kan ada dua titik. Ada di JIS untuk paslon 01, kemudian di GBK untuk paslon 02,” kata Fadil kepada wartawan, Rabu (7/2).

Khusus untuk kampanye akbar di Jakarta, kata Fadil, Polda Metro Jaya terus melakukan evaluasi guna menyiapkan pengamanan.

“Di Jakarta, kita setiap hari melakukan evaluasi, ini ada Wakapolda. Itu untuk pengamanan rute, pengamanan jalur, pengamanan di lokasi sudah kita lakukan semaksimal mungkin dengan baik, agar tidak ada overload massa dari kedua pasangan,” tutur dia.

Mantan Kapolda Metro Jaya ini juga menyebut kepolisian terus berkoordinasi dengan tim dari masing-masing pasangan calon untuk memastikan kelancaran acara kampanye akbar di GBK dan JIS.

“Karena kita tahu menuju ke Jakarta Utara dan menuju ke GBK pasti itu dilakukan pengaturan dan gladi koordinasi bersama tim masing-masing pasangan calon. Itu juga dilakukan di Jawa Timur, dilakukan di Jawa Barat. Itu yang kita lakukan,” ucap Fadil.

“Sehingga pengaturan jalur ini tidak bermaksud untuk mengintervensi, namun lebih pada kelancaran dan tertibnya para pendukung dari dan kembali ke kediaman masing-masing,” lanjutnya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan jadwal kampanye akbar atau rapat umum pasangan capres-cawapres nomor urut 1 dan dua di Jakarta di Jakarta pada 10 Februari atau hari terakhir kampanye akbar.

Berdasarkan jadwal yang dibuat KPU, pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar bakal kampanye akbar di Jakarta International Stadium (JIS) pada 10 Februari.

Di hari yang sama, pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka kampanye akbar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK).