Pemasok Senjata & Amunisi ke KKB Egianus Kogoya Ditangkap Satgas Cartenz

Inionline.id – Satgas Operasi Damai Cartenz menangkap satu anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang berperan sebagai pemasok amunisi dan senjata bagi kelompok pimpinan Egianus Kogoya.

Kepala Operasi Damai Cartenz Kombes Faizal Ramadhani menyebut penangkapan dilakukan terhadap Epson Nirigi di Hotel Lavela In, Mimika, Papua Tengah, pada Selasa (20/2) kemarin.

Ia mengatakan Epson ditangkap ketika sedang mengikuti proses rekapitulasi suara pemilu untuk Distrik Jita, Kabupaten Mimika, Papua Tengah.

“Epson Nirigi merupakan anggota aktif KKB dari Kodap III Ndugama dan merupakan anak buah dari Egianus Kogoya,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (21/2).

KKB adalah sebutan aparat Indonesia terhadap milisi bersenjata organisasi Papua merdeka (OPM).

Faizal mengatakan sebelumnya Epson telah dimasukkan dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) oleh Polres Nduga sejak tahun 2023. Ia menyebut Epson kerap menyamarkan aksi pengiriman senjata dengan pekerjaannya sebagai operator speed boat.

Dalam penangkapan itu, Faizal menyebut pihaknya juga turut menyita sejumlah barang bukti berupa uang tunai, buku nota, diska lepas, kartu ATM, hingga kartu pos.

“Saat ini Epson Nirigi telah diamankan di Posko Satgas Ops Damai Cartenz-2024, Wilayah Mimika untuk dilakukan penyidikan lebih lanjut,” katanya.