Jumlah Anggota KPPS yang Wafat di Pemilu 2024 Masih Didata KPU

Berita1157 views

Inionline.id – Anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang meninggal saat penyelenggaraan Pemilu 2024 masih didata Komisi Pemilihan Umum (KPU). Karena itu, KPU belum bisa menyebutkan jumlah persisnya.

“Saat ini, KPU masih lakukan pendataan,” kata anggota KPU Idham Holik dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (15/2).

Idham menyebut KPU sudah mendapat laporan dari sejumlah daerah. Sampai saat ini, dia mengatakan jumlah anggota KPPS yang meninggal lebih sedikit dibandingkan dengan Pemilu 2019.

Namun, Idham menyatakan KPU belum bisa membeberkan data tersebut. KPU ingin mendata dan mendalami kejadian itu terlebih dahulu. Menurutnya, waktu kematian juga harus dilihat.

“Kami memang telah mendapatkan informasi dari berbagai daerah, ada beberapa anggota KPPS yang wafat ya,” ujar Idham.

“Yang pertama para pemungutan, sebelum pemungutan. Terus yang kedua hari H, hari pemungutan suara. Yang ketiga pasca pemungutan suara. Nanti datanya itu akan dirilis oleh KPU,” imbuhnya.

Sejumlah anggota KPPS di berbagai daerah dilaporkan meninggal dunia. Ada yang sebelum, saat berlangsung, hingga sesudah pemungutan suara.

Terbaru, seorang anggota KPPS di salah satu TPS di Makassar dikabarkan meninggal dunia diduga akibat kelelahan. Korban bernama William, warga Kelurahan Bangkala, Kecamatan Manggala, Makassar, Sulawesi Selatan.

Kabar itu dikonfirmasi Komisioner KPU Makassar Muh Abdi Goncing. Ketua RT 02, Ismail, mengatakan William sempat bertugas sebagai anggota KPPS 07 dan mengantarkan undangan pemilih sebelum hari pencoblosan.

“Anggota KPPS yang meninggal dunia atas nama William dan usianya masih cukup muda sekitar 20 tahun. Dia baru selesai kuliah,” kata Ismail di rumah duka.