Di Debat Terakhir Capres, Prabowo Sampaikan Permintaan Maaf

Inionline.id – Calon presiden (capres) Prabowo Subianto memanfaatkan momen pernyataan penutup atau closing statement pada debat terakhir capres di Jakarta untuk menyampaikan permintaan maaf terhadap kedua pasangan calon (paslon lain), Minggu (4/2) malam.

Prabowo mengatakan, akibat kampanye pemilihan presiden (Pilpres) 2024 ini, persatuan dan kesatuan bangsa jadi terdampak. Mewakili Koalisi Indonesia Maju (KIM), dirinya pun menyampaikan permintaan maaf kepada paslon 1 dan 3 apabila ada hal-hal yang tak berkenan selama kampanye.

“Saudara-saudara sebangsa dan se-Tanah Air, kita baru saja, beberapa bulan ini melaksanakan kampanye yang penuh dengan semangat, penuh dengan kontestasi, dan kadang-kadang penuh dengan kata-kata yang keras. Tetapi, itikad kita baik, saya kira 3 paslon semuanya ingin yang terbaik untuk rakyat Indonesia,” kata Prabowo dalam pernyataan penutup.

“Saya atas nama Prabowo-Gibran dan atas nama Koalisi Indonesia Maju minta maaf kepada paslon 1, Pak Anies-Pak Muhaimin, dan paslon 3, Pak Ganjar dan Pak Mahfud, seandainya dalam kampanye ini ada kata-kata kami atau perbuatan kami yang kurang berkenan. Kami mohon maaf yang sebesar-besarnya,” lanjutnya.

Gibran pun kemudian merespons ucapan tersebut dengan gesture menunduk.

Prabowo meyakini, perjuangan ketiga paslon bertujuan memberi yang terbaik bagi Indonesia. Dirinya menegaskan, mereka semua adalah saudara, sehingga seluruh elemen dan komponen bangsa diminta untuk tetap menjaga persatuan, khususnya kerukunan di antara pemimpin bangsa.

“Saudara-saudara sekalian, yang penting, kita harus membangun dan menegakkan kerukunan, persatuan, kekeluargaan di antara semua unsur dan kalangan bangsa Indonesia, terutama adalah kerukunan di antara pemimpin-pemimpin Indonesia,”

“Saya menganggap Mas Anies, Mas Muhaimin, Mas Ganjar, Prof Mahfud adalah saudara-saudara saya sendiri. Kita berjuang untuk bangsa Indonesia, kita berjuang karena cinta kita kepada rakyat Indonesia,” kata Prabowo.

Lebih lanjut, Prabowo menyampaikan terima kasih kepada para presiden Indonesia, yang merupakan putra-putri terbaik bangsa.

“Kami berterima kasih kepada semua pemimpin Indonesia, semua presiden Indonesia, Bung Karno, Pak Harto, Pak Habibie, Gus Dur, Ibu Megawati, Pak SBY dan Pak Joko Widodo. Mereka adalah putra-putri terbaik bangsa Indonesia,” katanya.

Prabowo menegaskan, dirinya berkomitmen melanjutkan perjuangan para pemimpin bangsa itu. Dirinya bertekad menyelesaikan sejumlah permasalahan, seperti menghilangkan kemiskinan, kelaparan, korupsi, dan kurang gizi.

“Manakala Prabowo-Gibran dan Koalisi Indonesia Maju, atas izin Tuhan Yang Maha Besar, Tuhan Yang Maha Esa, menerima mandat dari rakyat, kita akan jadi pemimpin nasional untuk seluruh rakyat Indonesia. Saya akan jadi presiden untuk seluruh rakyat Indonesia, termasuk yang tidak memilih saya, termasuk yang tidak percaya pada saya. Saya akan berjuang untuk seluruh rakyat Indonesia,” tutur Prabowo.