Berikut ini Cara Mengatasi Hp Kemasukan Air

Iptek1157 views

Inionline.id – Salah mitos populer yang dipercaya ampuh untuk mengobati ponsel terendam atau kemasukan air adalah dengan memasukkan ponsel ke beras. Namun, Apple baru-baru ini melarang cara ini.

Dalam imbauannya, Apple mengeluarkan sejumlah hal yang tidak boleh dilakukan saat mengatasi gawai kecebur.

“Jangan menaruh iPhone Anda di dalam kantong beras. Hal ini dapat menyebabkan partikel-partikel kecil dari beras dapat merusak iPhone Anda,” tulis Apple di laman dukungannya.

Selain dilarang untuk memasukkan ke dalam beras, Apple juga melarang pengguna untuk mengeringkan iPhone dengan pemanasan berebih atau udara terkompresi.

Kemudian, pengguna juga dilarang untuk memasukkan benda asing, seperti kapas atau tisu ke dalam konektor untuk mengeringkan bagian dalam iPhone.

Alih-alih menggunakan metode yang dilarang ini, berikut cara mengatasi ponsel basah ala Apple:

1. Keringkan iPhone dengan mengetuk lembut pada tangan Anda dengan konektor menghadap ke bawah untuk menghilangkan kelebihan cairan. Biarkan iPhone Anda berada di tempat yang kering dan memiliki aliran udara.

2. Setelah setidaknya 30 menit, coba isi daya dengan kabel Lightning atau USB-C atau sambungkan aksesori.

3. Jika Anda melihat tanda peringatan “Liquid Detected,” berarti masih ada cairan di konektor atau di bawah pin kabel Anda.

4. Biarkan iPhone Anda di tempat yang kering dengan aliran udara hingga satu hari. Anda dapat mencoba mengisi daya atau menyambungkan aksesori selama periode ini. Mungkin diperlukan waktu hingga 24 jam untuk mengering sepenuhnya.

5. Jika ponsel Anda sudah kering namun masih belum terisi daya, coba cabut kabel dari adaptor dan cabut adaptor dari colokan listrik, lalu sambungkan kembali.

Fitur deteksi cairan

Dikutip dari The Guardian, jika ponsel Anda tidak berfungsi sama sekali, segera matikan dan jangan tekan tombol apa pun.

Langkah selanjutnya tergantung pada kondisi spesifik Anda, tetapi secara umum Anda dapat mengeringkan dengan handuk dan masukkan ke dalam wadah kedap udara yang dikemas dengan silika gel jika ada.

Perangkat iPhone sendiri memiliki sistem pendeteksi yang dapat mengetahui jika ada cairan masuk ke dalam iPhone. Jika sistem mendeteksi adanya cairan, maka layar iPhone akan menunjukkan keterangan “Liquid Detected” atau Liquid Detected” in Lightning Connector” kepada pengguna.

Sistem ini untuk menghentikan pengisi daya untuk mengisi daya ponsel. Jjika Anda mengisi daya iPhone saat konektor Lightning atau USB-C basah, pin pada konektor atau kabel dapat menimbulkan korosi dan menyebabkan kerusakan permanen atau berhenti berfungsi.

Hal ini akan menyebabkan masalah konektivitas pada iPhone atau aksesori Anda.