Berikut ini Alasan Wanita Lebih Rentan Terkena Autoimun Daripada Pria

Kesehatan1757 views

Inionline.id – Gangguan autoimun ternyata lebih banyak diidap wanita. Dibandingkan pria, wanita lebih rentan mengalami penyakit ini.

Hal ini disampaikan oleh dokter spesialis penyakit dalam sekaligus Kepala Klinik ALIVE Eka Hospital BSD Iris Rengganis.

“Selain karena genetik, wanita juga memang rawan terkena autoimun,” ujar Iris dalam konferensi pers, Rabu (31/1).

Jika dihitung, lanjut Iris, perbandingan antara pria dan wanita pengidap autoimun bisa mencapai 8:1.

Penyebabnya adalah hormon estrogen yang lebih besar dimiliki wanita ketimbang pria. Hormon ini juga lebih tidak stabil yang biasa dipicu oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah suasana hati yang mudah berubah.

Selain itu, wanita juga memiliki dua kromosom X di tubuhnya. Sementara laki-laki hanya memiliki satu kromosom untuk masing-masing X dan Y.

Sistem kromosom X bisa saja mengalami kecacatan. Ketika wanita memiliki dua kromosom X di tubuhnya dan salah satu mengalami cacat, jelas Iris, maka mereka lebih rentan terhadap penyakit autoimun.

“Selain itu, saat hamil misalnya hormon juga jadi lebih tidak stabil. Tentu ini semakin memicu autoimun yang memang sudah ada bakat di tubuh semua manusia,” kata dia.

Autoimun sendiri merupakan kondisi saat kekebalan tubuh atau sistem imun malah berbalik menyerang sel sehat. Imun salah mengira bahwa sel atau organ tertentu di tubuh adalah benda asing yang harus diserang.

“Munculnya bisa di kulit, di tulang, di organ mana pun di tubuh. Makanya gejala autoimunnya macam-macam,” kata dia.