Tuntut Pemilu Jujur dan Adil, UI Ajak Seluruh Kampus Rapatkan Barisan

Berita1557 views

Inionline.id – Civitas academica Universitas Indonesia (UI) mengajak seluruh perguruan tinggi merapatkan barisan untuk mengawal pelaksanaan pemilu dan Pilpres 2024 agar berjalan jujur dan adil.

UI menegaskan sikap bahwa mereka memiliki otonomi dan kebebasan mimbar akademik.

“Kami berdiri di sini mengajak civitas academica perguruan tinggi di seluruh tanah air untuk segera merapatkan barisan guna mengawal pelaksanaan pemilu yang adil, jujur dan bermartabat,” ucap Ketua Dewan Guru Besar UI, Harkristuti Harkrisnowo, Jumat (2/2).

Dalam pernyataan sikapnya, UI mengeluarkan empat poin tuntutan. Pertama, mereka mengutuk segala bentuk tindakan yang mengekang kebebasan berpendapat dan berekspresi.

Kedua, UI menuntut hak pilih rakyat dalam pemilu dijalankan tanpa intimidasi dan ketakutan. Ketiga, UI menuntut semua ASN, pejabat pemerintah, TNI dan Polri dibebaskan dari paksaan untuk memenangkan salah satu paslon.

Keempat, UI menyerukan agar semua perguruan tinggi di seluruh Indonesia mengawasi dan mengawal ketat pemungutan dan penghitungan suara di wilayah masing-masing.

“Mari kita jaga bersama demokrasi dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai dan banggakan,” ujarnya.

UI memandang demokrasi semakin terkoyak mendekati hari pemungutan suara Pilpres 2024. Mereka menyebut Indonesia seperti sedang kehilangan kemudi karena prilaku perebutan kekuasaan yang nihil etika.

Civitas academica UI prihatin karena tatanan hukum dan demokrasi dinilai telah hancur. Mereka menilai hilangnya etika bernegara dan bermasyarakat disebabkan karena korupsi dan nepotisme.

“Kami resah atas sikap dan tindak laku para pejabat, elite politik dan hukum yang mengingkari sumpah jabatan mereka untuk menumpuk harta pribadi, dan membiarkan negara tanpa tata kelola dan digerus korupsi,” ujarnya.