Berikut ini 3 Tanda ‘Darurat’ Kelelahan yang Wajib Diwaspadai

Kesehatan857 views

Inionline.id – Kelelahan seharusnya bukan sesuatu yang dianggap sepele. Simak tanda kelelahan yang termasuk darurat.

Dua orang anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dilaporkan meninggal saat menjalankan tugas. Keduanya meninggal diduga akibat kelelahan.

Merasa lelah adalah hal yang umum. Namun dalam beberapa kasus ada lelah ekstrem (exhaustion). Exhaustion atau fatigue bisa menjadi masalah saat tidak kunjung hilang sehingga mempengaruhi kesehatan dan keamanan.

Ada banyak penyebab fatigue atau kelelahan seperti, terlalu banyak aktivitas fisik tanpa istirahat, kurang aktivitas fisik, kurang tidur, atau kebiasaan makan yang kurang sehat.

Menurut dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Vito A. Damay, ada beberapa tanda kelelahan yang bisa dibilang darurat dan tidak bisa disepelekan. Apa saja?

Tanda-tanda Kelelahan yang Tak Boleh Diabaikan
1. Tidak respons dengan baik ketika dipanggil
2. Tidak nyambung ketika diajak bicara
3. Tidak bisa makan

Lelah sebaiknya ditindaklanjuti dengan istirahat, bukan menambah ‘amunisi’ agar tetap terjaga.

“Bukan tidak boleh [minum] kopi. Ketika butuh istirahat ya istirahat, tidak distimulasi dengan kafein atau minuman berenergi,” kata Vito lewat pesan singkat, Kamis (15/2).

Dia menyarankan untuk support tubuh dengan vitamin atau antioksidan.

Sementara itu, melansir dari WebMD, kasus kelelahan ekstrem sebaiknya diperiksakan ke dokter apalagi rasa lelah yang tak kunjung hilang. Dokter akan mengecek apa Anda memiliki masalah kesehatan tertentu.

Kemudian yang bisa dilakukan untuk mengatasi kelelahan antara lain, memperbaiki pola tidur, pola makan, aktivitas fisik teratur dan mempertimbangkan untuk berkonsultasi dengan psikolog atau konselor. Kasus kelelahan kadang disebabkan masalah kesehatan mental.