Usulan Debat Terakhir Pilpres Tanpa Penonton di Lokasi, akan Dibahas KPU

Headline, Nasional1057 views

Inionline.id – Usulan debat kelima atau terakhir Pilpres 2024 digelar tanpa kehadiran penonton di lokasi akan dibahas Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Hal itu disampaikan Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari saat menjawab pertanyaan awak media terkait catatan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) yang menyebut penonton pada debat cawapres 21 Januari kemarin masih belum tertib dan mengganggu konsentrasi calon yang tengah debat.

Menurut Hasyim, catatan dari Bawaslu akan KPU jadikan bahan untuk perbaikan.

“Nanti juga kita bicarakan ya usulan seperti ini,” ujar Hasyim di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Senin (22/1).

Ia menjelaskan sejak penyelenggaraan debat pertama telah disepakati bahwa tim pasangan calon diberikan kesempatan untuk membawa tim pendukung paling banyak 75 orang.

“Jadi kalau misalkan sudah terpola sampai dengan debat keempat, tiba-tiba debat kelima dihilangkan kan pasti jadi pertanyaan,” kata Hasyim.

Pada kesempatan itu, Hasyim belum menjelaskan tanggal pasti untuk rapat evaluasi atas gelaran debat keempat Pilpres 2024 yang akan dilakukan KPU. Dia hanya menyebut rapat evluasi itu akan digelar pada Selasa (23/1) atau Rabu (24/1) nanti.

Namun, Hasyim memastikan bahwa KPU bakal menggelar rapat evaluasi debat cawapres kemarin dengan tim pasangan calon. Hal itu serupa dengan yang telah dilakukan KPU setelah menggelar debat pertama, kedua, dan ketiga lalu.

Hasyim mengatakan baik catatan, masukan, kritik, maupun saran dari masing-masing tim pasangan calon nantinya akan disampaikan kepada KPU.

Setelahnya, KPU akan merumuskan catatan-catatan pentingnya untuk penyelenggaraan debat selanjutnya. Ia mengatakan kemudian KPU juga akan melakukan rapat evaluasi dengan televisi penyelenggara yang akan menyelenggarakan debat kelima.

“Nanti pertemuan ketiga kan gabungan ya antara KPU, tim paslon, dan juga tim TV penyelenggara supaya kemudian hasil evaluasinya komprehensif untuk perbaikan debat yang terakhir,” tutur Hasyim.

“Nanti ada saatnya kalau sudah ada evaluasi akan disampaikan perkembangan hasil evaluasi,” tambahnya.

KPU telah menggelar debat Pilpres 2024 sebanyak empat kali. Debat pertama (capres) di Kantor KPU RI, Jakarta pada 12 Desember 2023, debat kedua (cawapres) di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta pada 22 Desember 2023, debat ketiga (capres) di Istora Senayan, Jakarta pada 7 Januari 2024, dan debat keempat (cawapres) di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta pada 21 Januari 2024.

Tersisa satu rangkaian debat Pilpres 2024 yang bakal diselenggarakan KPU, yakni debat kelima pada Minggu, 4 Februari 2024 mendatang.