Siaga Darurat Berlaku Hingga 24 Januari, Gunung Marapi Kembali Erupsi

Berita1157 views

Inionline.id – Gunung Marapi di Sumatera Barat kembali mengalami erupsi disertai suara dentuman keras pada Selasa pagi (16/1).

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Agam, Ichwan Pratama Danda mengatakan erupsi terjadi pada pukul 06.16 WIB dengan ketinggian abu diperkirakan mencapai lebih dari 1 kilometer.

Akibat hujan abu tersebut, Ichwan mengatakan masyarakat yang terdampak dan tinggal di zona bahaya agar bersiap untuk mengungsi jika kondisi bertambah parah.

“Dari PVMBG (Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi) radius yang tidak boleh dilakukan aktivitas masih di radius 4,5 km,” ujarnya di lokasi dikutip dari CNN Indonesia TV, Rabu (17/1).

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Agam Bambang Warsito mengaku telah mengirimkan surat siaga bencana kepada Pemda setempat.

Ia menyebut surat siaga darurat bencana itu juga telah diteken oleh Bupati Agam. Mulai berlaku terhitung tanggal 10 Januari sampai 24 Januari mendatang.

“Bupati Agam kita sarankan, kita keluarkan surat siaga darurat bencana dan sudah ditandatangani oleh Bupati. Status siaga darurat mulai tanggal 10 sampai 24 Januari,” jelasnya.

Gunung Marapi yang terletak di Kabupaten Agam dan Tanah Datar ini erupsi sejak Minggu 3 Desember 2023 dengan menimbulkan korban jiwa sebanyak 24 orang dari kalangan pendaki yang terjebak saat gunung mengalami letusan.