Kapal RS Indonesia Belum Dikirim ke Gaza, Dubes Palestina Ungkapkan Penyebabnya

Berita957 views

Inionline.id – Zuhair Al-Shun Duta Besar Palestina untuk Indonesia mengungkap penyebab bantuan kemanusiaan berupa kapal Rumah Sakit Indonesia tak kunjung dikirim ke Gaza, Palestina.

Zuhair menyebut pihak Israel terus menghambat dan melarang masuknya kapal RS dari Indonesia itu ke Gaza.

“Pada saat ini seperti yang diketahui bahwa memang masih cukup sulit untuk kapal tersebut masuk ke wilayah Gaza karena memang ada hambatan atau larangan dari pihak Israel,” kata Zuhair di Kantor Kedutaan Besar Palestina, Jakarta, Sabtu (13/1).

Zuhair menyebut seharusnya pengiriman bantuan kemanusiaan itu tak dihambat oleh Israel.

Lebih lanjut, Zuhair mengatakan upaya pengiriman bantuan itu juga sekaligus sebagai bentuk solidaritas Indonesia yang terus konsisten membela Palestina.

“Berkenaan dengan kapal rumah sakit yang dikirimkan pemerintah Indonesia ke Gaza hal itu merupakan solidaritas dari indonesia dan juga pemerintah Indonesia,” ujar dia.

Sebelumnnya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengatakan Pemerintah Mesir meminta agar rencana Indonesia mengirim Kapal Rumah Sakit bagi rakyat Palestina untuk ditahan terlebih dahulu.

Prabowo mengatakan Mesir beralasan saat ini masih banyak kapal membawa bantuan untuk Gaza, Palestina, yang berlabuh di perairan negara itu.

Hal tersebut pun sudah dilaporkan Prabowokepada Presiden RI JokoWidodo(Jokowi).

“Ini saya sudah lapor ke Presiden bahwa Menteri Pertahanan Mesir–saya kontak terus sama beliau–beliau minta ditahan dulu, karena untuk berlabuh begitu banyak kapal. Sekarang menunggu untuk berlabuh, karena mereka membawa bantuan makanan, dan sebagainya,” kata Prabowo di Pangkalan Udara Atang Sendjaja, Bogor, Jumat (1/12).