Di Pantura Prabowo Gagaskan Pilot Project Rumah Panggung dan Terapung

Berita957 views

Inionline.id – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menggagas pilot project pembangunan rumah panggung dan terapung di kawasan Pantai Utara (Pantura) Jawa. Hal ini dilakukan untuk mengatasi permasalahan permukaan air laut yang semakin tinggi.

Untuk pilot project rumah panggung dan terapung ini Prabowo menugaskan dan menginstruksikan Universitas Pertahanan (Unhan).

“Jadi saya tugaskan Universitas Pertahanan untuk melakukan pilot project membuat pemukiman murah di kawasan terendam air,” ujar Prabowo saat menjadi keynote speaker dalam seminar nasional bertajuk ‘Strategi Perlindungan Kawasan Pulau Jawa, Melalui Pembangunan Tanggul Pantai dan Tanggul Laut (Giant Sea Wall)’ di Jakarta, Rabu (10/1).

Prabowo mengatakan, dengan bantuan PT PAL, PT Len, serta para engineer dari Universitas Pertahanan, saat ini telah ditemukan dua prototipe rumah murah terapung dengan nilai sebesar Rp130 juta untuk satu rumah. Dengan harga segitu, rumah terapung tersebut juga bakal dilengkapi oleh sonar panel dan septic tank.

“Dibantu oleh PT PAL ahli kapal dan PT Len dengan para engineer dari Universitas Pertahanan, kita menemukan 2 prototipe, rumah murah terapung yang nilainya Rp130 juta satu rumah sudah termasuk sonar panel tenaga surya dan septic tank. Jadi dia bisa hidup tanpa tergantung PLN dan dengan sanitasi yang bersih,” kata Prabowo.

Prabowo menyebut, proses penggarapan prorotipe tersebut sudah mulai dilakukan. Menurut Prabowo pihaknya menganggarkan sebesar Rp150 juta. Ia berharap dengan adanya program tersebut, masyarakat Indonesia yang tinggal di Pantura dapat hidup dengan layak.

Selain itu, Prabowo menyebut Kementerian Kelautan dan Perikanan juga telah melakukan program serupa dengan membuat desa nelayan. Karena itu, Prabowo berharap ke depannya dapat muncul replikasi-replikasi di sejumlah wilayah lainnya.

“Dan tentunya saya berharap nanti tokoh-tokoh, pengusaha dan sebagainya kalau ingin sedikit membantu, ya mungkin bisa ikut dalam proyek ini. Saya juga mendorong kementerian-kementerian lainnya ikut mendukung dengan regulasi dan sebagainya supaya kita segera mengubah kualitas hidup rakyat kita,” ujar Prabowo.

Lebih lanjut Prabowo pun mendukung realisasi pembangunan giant sea wall di kawasan Pantura bersama menteri lainnya. Pembangunan tanggul laut raksasa tersebut untuk mencegah warga terdampak banjir rob.

“Kita harus kumpulkan otak-otak terbaik bangsa. Percepat pembangunan giant sea wall,” ujarnya.