Dewan Jabar Supono Dorong Dusun 4 Cicadas Bogor Jadi Desa Wisata

Antar Daerah4357 views

Bogor, Inionline.id – Anggota DPRD Jawa Barat daerah pemilihan (dapil) Kabupaten Bogor H. Supono mendorong Dusun 4 di Desa Cicadas, Kecamatan Gunung Puteri, Kabupaten Bogor menjadi sebuah desa wisata.

Aspirasi pembentukan desa wisata ini datang dari Kepala Dusun 4 Desa Cicadas Iwan yang mengatakan bahwa ada lahan tidur di wilayahnya.

“Luas lahannya sekitar 3 hektar lebih, kedepan kami bercita-cita bagaimana di Kadus 4 ini, di kampung ini bisa memaksimalkan lahan tersebut sebagai area wisata, khususnya wisata edukasi,” ujarnya.

“Saat ini di area tersebut sudah ada kelompok tani, ada yang budidaya atau ternak atau pembesaran domba, kemudian ada budidaya dan pembesaran ikan kemudian dari program Kabupaten pun sudah punya kolam renang walaupun sederhana, kemudian kami juga sedang merapikan sumber air, mata air yang luar biasa kebetulan ada di satu blok,” sambung Iwan.

“Harapan kami Kedepan kami ingin punya area wisata khusus, khususnya dari pak Supono bagaimana agar mimpi kami ini bisa terwujud kami sangat mengharapkan support dari bapak kedepan bagaimana caranya kita bersama-sama warga masyarakat agar mimpi-mimpi kami ini bisa terwujud,” tandasnya.

Menanggapi hal ini, H. Supono mengatakan bahwa aspirasi Kadus 4 yang masuk saat giat reses II tahun sidang 2023-2024 kali ini sangat menarik.

“Bahwa ada lahan yang relatif tidur tetapi sebenarnya memiliki potensi bisa dikembangkan menjadi destinasi wisata, wisata edukasi, karena juga ada sumber air yang juga bisa untuk nanti pemancingan dan sebagainya,” tukasnya, Rabu (24/01/2024).

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini memandang bahwa potensi Desa Cicadas ini perlu dikembangkan.

“Melalui lahan tidur tadi, menjadi destinasi wisata dan bahkan lebih jauh lagi bisa menjadi desa wisata, sebagaimana juga di dalam peraturan daerah itu memungkinkan,” imbuhnya.

Saat ini Provinsi Jawa Barat bersama DPRD Jabar terus membahas Perda tentang kepariwisataan.

“Mudah-mudahan desa yang punya potensi seperti ini bisa berkembang secara baik, bisa tersinergikan dengan seluruh stakeholder baik yang ada di internal desa itu maupun juga yang diluar yang pada gilirannya nanti tentunya meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADES), meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan multiplier effect lainnya dalam kehidupan masyarakat di Desa Cicadas,” pungkas pria yang kembali maju ke DPRD Jabar pada Pemilu 2024 mendatang.