Berikut ini 10 Jurusan Teknik dengan Prospek Karier Cerah

Pendidikan1057 views

Inionline.id – Jurusan teknik masih menjadi salah satu favorit incaran calon mahasiswa. Hal ini lantaran Jurusan teknik dinilai memiliki prospek pekerjaan yang cerah dan menjanjikan di berbagai sektor di Indonesia.

Pilihan jurusan yang kamu ambil hari ini akan memengaruhi kariremu di masa depan. Meskipun, beberapa orang mungkin menemui perjalanan karier yang tidak selalu sesuai dengan jurusan mereka, tetapi merencanakannya tetaplah penting.

Rencana karier dapat dimulai dengan pemilihan jurusan yang tepat. Nah, kalau kamu bingung memilih jurusan teknik apa yang sesuai, berikut 10 jurusan teknik dengan prospek karier yang cerah untuk masa depanmu dilansir dari Instagram @hotcourses_id:

Jurusan Teknik dengan prospek kerja cerah

1. Teknik Sipil

Jurusan ini membuka peluang untuk bekerja di perusahaan properti, konstruksi, atau pengembangan. Kamu akan belajar tentang berbagai aspek keinsinyuran sipil.

2. Teknik Perminyakan

Kalau kamu suka belajar tentang minyak bumi, gas alam, dan panas bumi, serta cara eksploitasi dan pengolahan minyak, teknik perminyakan bisa jadi pilihan. Di sini kamu juga diajak untuk inovatif dalam menciptakan teknik efisien untuk menghasilkan energi dengan emisi rendah.

3. Teknik Industri

Berbeda dari teknik mesin, di sini kamu tidak hanya mempelajari mesin manufaktur, tetapi juga sistem manajemen industri. Ini membuka peluang untuk memahami operasional keseluruhan sebuah industri.

4. Teknik Mesin

Dunia industri membutuhkan ahli permesinan untuk memaksimalkan produksinya. Kamu akan mempelajari prinsip-prinsip fisika yang diterapkan pada analisis, desain, manufaktur, dan pemeliharaan mesin.

5. Teknik Kimia

Jurusan ini memfokuskan pada proses dan cara mengubah bahan baku menjadi produk bernilai komersial. Lulusan teknik kimia bisa bekerja di industri kimia, perminyakan, atau farmasi.

6. Teknik Biomedik

Gabungan antara ilmu teknik dan kedokteran. Tujuannya adalah mengembangkan teknologi yang mempermudah proses diagnosis, pengobatan, rehabilitasi, dan penyembuhan pasien.

7. Teknik Elektro

Juga dikenal sebagai teknik listrik atau elektronika. Kamu akan mempelajari desain, aplikasi, dan penggunaan komponen dan sistem yang memanfaatkan listrik, elektronika, dan elektromagnetisme.

8. Teknik Nuklir

Nuklir bukan hanya untuk bom atom, tapi juga bisa digunakan di bidang medis, pembangkit listrik, dan energi. Prospek kerja di bidang ini cukup menjanjikan, seperti di perusahaan pertambangan, perminyakan, dan energi.

9. Teknik Telekomunikasi

Jurusan ini mempelajari semua aspek komunikasi dalam jarak jauh, mulai dari sinyal, transmisi data, jaringan komputer, hingga teknologi radar.

10. Teknik Lingkungan

Kamu akan belajar tentang menciptakan lingkungan yang sehat dengan teknik dan teknologi, seperti pengelolaan kesehatan lingkungan, pengendalian pencemaran, sistem drainase, dan lainnya.