Siap Beroperasi Skybridge Bojonggede-Gedung Baru Stasiun Manggarai

Ekonomi1157 views

Inionline.id – Pekan ini KAI Commuter mulai mengoperasikan jembatan penyebrangan orang (JPO) alias skybridge di Stasiun Bojonggede dan bangunan baru di Stasiun Manggarai. Tujuannya, untuk meningkatkan layanan di kedua stasiun.

Untuk skybridge Bojonggede yang menghubungkan stasiun dengan Terminal Bojonggede sudah dioperasikan mulai Jumat (8/12) ini. Sedangkan, bangunan gedung sisi timur dan gedung sebelah kiri Stasiun Manggarai mulai dioperasikan pada Sabtu (9/12).

Skybridge Bojonggede ini merupakan akses keluar masuk menuju Stasiun Bojonggede sisi barat dari arah Terminal Bojonggede.

“Pengoperasian skybridge ini diharapkan dapat mengurangi kemacetan Jalan Raya Bojonggede yang berada di kawasan stasiun dan menjadi fasilitas integrasi antarmoda yang mudah dan praktis di kawasan stasiun dan Terminal Bojonggede,” ujar Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam keterangan tertulis, Jumat (8/12).

KAI juga menyediakan fasilitas eskalator pada skybridge ini untuk memudahkan akses pengguna ke arah stasiun maupun terminal.

Skybridge Bojongede juga ramah disabilitas lantaran ada jalur yang disiapkan untuk penyandang disabilitas, serta terdapat guiding block di sepanjang lantai skybridge.

“Dengan pengoperasian skybridge ini, akses keluar masuk pengguna Commuter Line dari arah sisi selatan atau dari arah Jl. Raya Bojonggede akan ditutup mulai Jumat ini dan seluruhnya dialihkan menggunakan Skybridge Bojonggede dari arah terminal Bojonggede,” kata Anne.

Sementara, dengan dioperasikannya bangunan baru pada sisi timur dan gedung sebelah kiri Stasiun Manggarai, maka akses keluar masuk dari sisi timur seluruhnya akan melalui bangunan baru ini.

“Akses keluar masuk yang sebelumnya pada sisi timur Stasiun Manggarai akan ditutup untuk dilakukan proses pembangunan stasiun berikutnya,” pungkasnya.